JawaPos Radar

REI: DP 0 Rupiah Bisa Jadi Vitamin Saat Pasar Properti Lesu

31/07/2018, 15:35 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
REI: DP 0 Rupiah Bisa Jadi Vitamin Saat Pasar Properti Lesu
Ilustrasi komplek perumahan (Dok. Radar Malang / Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Bank Indonesia (BI) telah mengeluarkan kebijakan relaksasi aturan loan to value (LTV) Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk memudahkan masyarakat membeli rumah dan mengurangi angka kebutuhan perumahan di Indonesia.

Melalui kebijakan tersebut, BI memberikan kewenangan kepada industri perbankan mengatur fasilitas kredit yang akan diberikan oleh debitur.

Wakil Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia (REI), Ignesjz Kemalawartama mengapresiasi kebijakan tersebut. Sebab dapat menjadi stimulus pasar properti yang masih lesu dalam dua tahun terakhir. Menurutnya,  pembebasan uang muka atau Down Payment (DP) pembelian perumahan bagi masyarakat menengah ke bawah menjadi lebih mudah.

"Ini (relaksasi LTV) kebijakan yang paling baik sejak zaman dulu. Enggak pernah dibebaskan uang muka," ujarnya di Balai Kartini Jakarta, Selasa (31/7). 

Pihakanya berharap, kebijakan ini dapat menjadi angin positif bagi pasar properti nasional meskipun pihaknya belum bisa memprediksikan pertumbuhan dari efek positif dari pelonggaran LTV.

"Akan ada pertumbuhan properti akibat kebijakan relaksasi dan inden dengan syarat prasyarat dipenuhi. Soal angka pertumbuhannya harus dianalisis oleh orang yang ahlinya," tandasnya.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up