alexametrics

Tahan Harga BBM Bersubsidi Tanpa Bebani Pertamina, Ini Solusi DPR

31 Mei 2018, 06:10:33 WIB

JawaPos.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan telah menjamin harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar tidak akan naik sampai akhir 2018. Padahal saat ini tengah terjadi pelemahan nilai tukar Rupiah dan kenaikan harga minyak mentah dunia.

Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Kurtubi memandang, hal ini akan menjadi beban PT Pertamina (Persero). Pasalnya, gejolak ekonomi global tentunya akan memengaruhi pergerakan harga BBM.

“Pahit memang tapi itu (sudah) jadi keputusannya. Harus dicari solusi supaya tidak terlalu memberatkan,” ujarnya di gedung DPR RI Jakarta, Rabu (30/5).

Kurtubi mengatakan, mempertahankan harga tentunya harus ada siasat dan strategi yang dilakukan dalam efisiensi di sektor pengadaan BBM. Sebab hingga saat ini, impor BBM ataupun elpiji masih dilakukan.

“Langsung beli impor di luar negeri, enggak usah melalui trader, sehingga impor lebih murah,” imbuhnya.

Sebelumnya, Anggota Komisi VII Tjatur Sapto Edy melontarkan pertanyaan kepada Menteri ESDM Ignasius Jonan. Menurutnya, masyarakat perlu kepastian di tengah melemahnya Rupiah dan kenaikan harga minyak mentah akibat dari gejolak perekonomian dunia saat ini.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : (mys/JPC)

Tahan Harga BBM Bersubsidi Tanpa Bebani Pertamina, Ini Solusi DPR