alexametrics

Stok Pangan Jelang Ramadan Tetap Aman

Hasil Pantauan Jokowi di Pasar Tradisional
31 Maret 2022, 14:10:53 WIB

JawaPos.comPresiden Joko Widodo kemarin (30/3) berkunjung ke beberapa pasar di Jawa Tengah. Salah satunya Pasar Rakyat di Desa Tempurejo, Kabupaten Magelang. Selain berdialog dengan pengunjung dan pedagang pasar, Jokowi juga mengecek ketersediaan kebutuhan pokok untuk keperluan menjelang Ramadan.

“Saya kira untuk stok cukup. Tapi, yang paling penting, jangan sampai harga naik terlalu tinggi. Kalau menjelang Lebaran seperti itu kebiasaannya,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi mengunjungi Pasar Baledono di Kabupaten Purworejo. Di sana mantan gubernur DKI Jakarta itu juga memastikan harga dan ketersediaan minyak goreng curah mencukupi.

“Terutama untuk minyak, memang yang di kemasan harganya rata-rata Rp 24 ribu. Minyak curah ada, tapi stoknya tidak banyak,” ungkapnya.

Jokowi mendapati harga minyak goreng curah masih Rp 15 ribu. Padahal, pemerintah menginginkan harga maksimalnya Rp 14 ribu. “Untuk harga-harga yang lain, masih pada posisi yang baik,” ucapnya.

Jokowi juga menyempatkan membeli sejumlah bahan pangan. Mulai cabai, bawang, hingga jahe. Selain itu, dia membagikan bantuan tunai kepada para pedagang di dua pasar tersebut. Bantuan itu diharapkan bisa meringankan beban para pedagang yang terdampak pandemi Covid-19.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : lyn/c18/oni

Saksikan video menarik berikut ini: