alexametrics

Uni Eropa Tekan Sawit Indonesia, Luhut: Ini Masalah Kedaulatan Negara

31 Maret 2019, 20:54:24 WIB

JawaPos.com – Komoditas sawit Indonesia mendapat diskriminasi dari Uni Eropa. Mereka masih enggan membiarkan komoditas itu merusak pasar minyak nabati di kawasan Eropa.

Kondisi itu tak membuat pemerintah Indonesia diam. Berbagai upaya dilakukan untuk mencari jalan keluar dari masalah tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menegaskan pemerintah serius melindungi kesejahteraan petani dan jutaan orang yang bergantung pada bisnis sawit ini.

Uni Eropa Tekan Sawit Indonesia, Luhut: Ini Masalah Kedaulatan Negara
Ilustrasi petani tengah memanen hasil produksi kebun kepala sawit (Dok. JawaPos.com)

“Apapun akan kita lakukan untuk mempertahankan kedaulatan kita, karena 18 juta orang bergantung pada industri sawit ini. Karena ini akan berdampak pada angka kemiskinan kita,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (31/3).

Menurutnya Uni Eropa tidak bisa mengambil kesimpulan terkait permasalahan dampak lingkungan hidup industri sawit di Indonesia ini. “Kita peduli juga dengan lingkungan, kita yang paling tahu apa yang terbaik untuk lingkungan hidup kita,” katanya.

Pemerintah, lanjutnya, sedang mengkaji untuk melakukan pemboikotan terhadap beberapa produk Eropa. Ia menceritakan bahwa badan-badan internasional memuji keadaan ekonomi Indonesia yang terus mengalami perbaikan.

“Efisiensi adalah kata kunci karena itu musuh kita comfort zone. Sekarang makin susah untuk bermain-main. Tapi saya yakin mereka yang tidak nyaman itu lama kelamaan akan menyesuaikan juga,” tuturnya.

Selain itu, mantan Menko Polhukam ini menyinggung soal adanya rencana penurunan harga sejumlah komoditas. Sebab, hal itu malah menggangu keseimbangan stabilitas harga.

“Kalau harga-harga diturunkan bagaimana nasib pemasoknya? Nasib petani, peternak ayam? Dalam sistem ekonomi ini kita harus selalu menjaga keseimbangan agar pemasok tetap untung dan pembeli nyaman,” tandas dia.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Hana Adi

Close Ads
Uni Eropa Tekan Sawit Indonesia, Luhut: Ini Masalah Kedaulatan Negara