alexametrics

Harmonisasi Regulasi Akan Tingkatkan Investasi

31 Maret 2019, 07:54:10 WIB

JawaPos.com – Salah satu arah kebijakan pemerintah tahun ini adalah percepatan usaha untuk mendorong investasi. Makin banyak investasi yang masuk, pertumbuhan ekonomi nasional pun kian subur.

Pemahaman itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan dalam Dialog Ekonomi Sekarang & Yang Akan Datang.

Pada pertengahan tahun lalu, pemerintah meluncurkan sistem perizinan terpadu secara online alias online single submission (OSS). ’’OSS ini jadi breakthrough, tapi masih terkendala pada RTRW. Kalau jalan dengan baik, akan (mampu, Red) mencegah korupsi di bidang perizinan dan tata niaga,’’ kata Luhut di Spazio Hall, Surabaya, seperti dikutip Jawa Pos.

Untuk mendukung kebijakan tersebut, pemerintah melakukan harmonisasi peraturan perundang-undangan mulai April nanti. Ke depan, regulasi itu tidak tumpang-tindih.

’’Dalam rapat kabinet, presiden memberikan instruksi agar aturan-aturan yang saling mengunci dalam enam bulan mendatang sudah selesai,’’ ujarnya. Pemerintah akan memanfaatkan software khusus untuk menghindari kerancuan bahasa dalam regulasi. 

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : res/c14/hep

Harmonisasi Regulasi Akan Tingkatkan Investasi