alexametrics

Serapan Anggaran Rendah, KemenPAN-RB Diminta Cari Ahli Belanja Baik

31 Januari 2019, 18:25:41 WIB

JawaPos.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) agar memperbaiki serapan anggarannya di 2019. Sebab, tahun lalu serapan mereka termasuk yang rendah dibanding rata-rata kementerian/lembaga (K/L) lainnya.

“Saya berharap untuk KemenPAN-RB, pak menteri (Syafruddin) untuk bisa merealisasikan belanja secara lebih baik. Karena tahun lalu kemenpan hanya belanja 85 persen dari anggaran yang kita sediakan, itu lebih kecil dari rata-rata (serapan anggaran) nasional yang mencapai 94 persen, jadi masih perlu ahli belanja yang baik,” ujarnya di Kementerian PAN-RB, Jakarta, Kamis (31/1).

Meski demikian, pihaknya senang karena KemenPAN-RB menggunakan anggaran dengan optimal. Dia berharap, kinerja itu bisa ditingkatkan lebih baik lagi tahun ini.

“Tapi saya juga akan sangat senang kalau memang Kemenpan melakukan efisiensi dan transformasi, sehingga tidak perlu membelanjakan yang tidak perlu dibelanjakan,” jelas dia.

“Jadi saya tidak akan mengatakan 85 persen itu jelek, tapi dia saya harap menunjukan suatu semangat efisienasi dan kinerja yang tinggi. 2019 semangat itu tetap dijaga,” tambahnya.

Selain itu, Sri Mulyani membanggakan capaian negara sebesar 102,5 persen. Adapun rinciannya total penerimaan sebesar Rp 1.942,3 triliun dengan target dalam APBN 2018 sebesar Rp 1.894,7 triliun. Capaian ini realisasi pertumbuhannya sebesar 16 persen.

“Pada 2018, kami berhasil mengumpulkan penerimaan negara 1942 t yaitu 102,3 persen dari target. Dengan penerimaan yang baik kami bisa mendukung belanja di kementerian lembaga dan daerah dalam rangka memperbaiki kesejahteraan rakyat,” tandasnya.

 

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Hana Adi

Serapan Anggaran Rendah, KemenPAN-RB Diminta Cari Ahli Belanja Baik