alexametrics

Jurus Jitu Kemenaker Tingkatkan Kualitas Tenaga Kerja RI

31 Januari 2018, 15:41:53 WIB

JawaPos.com – Kebutuhan akan tenaga kerja terus meningkat setiap tahunnya. Sayangnya, kebutuhan tersebut tidak diimbangi dengan kualitas yang ditawarkan.

Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri pun mengakui kondisi itu. Menurutnya, peningkatan kualitas SDM agar sesuai kebutuhan industri masih menjadi tantangan bagi pemerintah saat ini.

Namun demikian, pihaknya mengklaim telah menemukan formula untuk memperbaiki kualitas SDM di Tanah Air. Salah satunya adalah dengan peningkatan kompetensi pada pelatihan-pelatihan tenaga kerja. Tahun ini pun ditargetkan 1,4 juta tenaga kerja diberikan peningkatan kompetensi.

Jurus Jitu Kemenaker Tingkatkan Kualitas Tenaga Kerja RI
Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri (Dok. Jawapos.com)

“Sekitar 1 juta melalui proses pelatihan kerja, terus yang 400 ribu ini lewat mekanisme pemagangan yang kita kerja samakan dengan Kadin, Apindo, dan industri,” ujarnya di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (31/1).

Hanif menjelaskan, tahun lalu pihaknya telah melakukan hal yang serupa. Namun, jumlahnya jauh lebih kecil. Dengan semakin baiknya kerja sama pemerintah dan dunia usaha, target peningkatan kompetensi tenaga kerja juga turut ditingkatkan.

“Tahun lalu sudah. Tapi targetnya kita naikkan karena kerja sama dengan dunia usaha sudah lebih baik, jadi kita dorong keterlibatan dunia usaha lebih intensif. Tahun lalu itu hanya 300 ribu saja,” tandasnya

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ce1/hap/JPC)


Close Ads
Jurus Jitu Kemenaker Tingkatkan Kualitas Tenaga Kerja RI