alexametrics

The Fed Beri Sinyal Suku Bunga Rendah, Emas Dunia Bersinar

30 November 2018, 09:46:47 WIB

JawaPos.com – Harga logam mulia emas menguat didukung sikap Federal Reserve yang terlihat mulai melunak terhadap siklus pengetatan kebijakan moneter yang agresif.

Mengutip laman Reuters, emas di pasar spot akhir pekan ini naik 0,4 persen menjadi USD1.225,88 per ounce pada pukul 18.02 GMT, setelah sebelumnya mencapai titik tertinggi sejak 23 November di posisi USD1.228,96. Sementara, emas berjangka Amerika Serikat untuk kontrak pengiriman Februari ditutup menguat enam dolar atau sekitar 0,5 persen, menjadi USD1.230,40 per ounce.

Analis RJO Futures di Chicago Phil Streible menyampaikan, emas mendapatkan dorongan dari pidato Kepala The Fed Jerome Powell kemarin. Tampaknya The Fed hampir mengakhiri siklus kenaikan suku bunganya yang memberi angin segar bagi emas.

Selain itu, beberapa hari setelah Rusia menyita kapal-kapal Ukraina dan kru mereka di dekat Krimea, dimana wilayah Ukraina yang dicaplok Moskow pada 2014, Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan akan memberlakukan sanksi terhadap Rusia untuk menegakkan hukum internasional.

“Risiko geopolitik antara Rusia dan Ukraina akan menyebabkan investor pindah ke pasar emas juga. Kita bisa melihat konflik lain muncul, jauh lebih agresif daripada yang kita lihat sebelumnya terkait Crimea,” ujarnya.

Emas secara tradisional digunakan sebagai investasi yang aman (safe-haven) selama ketidakpastian ekonomi dan politik. Namun, emas juga kehilangan daya tariknya tahun ini karena para investor lebih memilih greenback ketimbang emas ketika perang perdagangan AS-China memanas dengan latar belakang meningkatnya suku bunga.

Palladium turun 0,73 persen menjadi USD1.175,60 per ounce, bergerak menjauh dari rekor tertinggi USD1.186,50 di awal sesi. Perak melemah 0,49 persen menjadi USD14,27 per ounce, dan platinum menyusut 0,25 persen menjadi USD818,90, setelah jatuh ke level intraday terendah dalam tujuh pekan, yakni USD809,50 pada sesi Rabu.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : (mys/JPC)

The Fed Beri Sinyal Suku Bunga Rendah, Emas Dunia Bersinar