alexametrics

Wamendag Bangga Anak Muda Mulai Semangat Ekspor Produk Karya Mereka

30 September 2021, 20:31:53 WIB

JawaPos.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengaku bangga terhadap gairah anak muda yang dapat berkontribusi dalam meningkatkan ekspor. Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan, semangat anak muda untuk menjadi pengusaha mulai terlihat marak sejak beberapa tahun yang lalu.

“Saat ini, bukan hanya semangat entrepreneurship yang muncul tetapi bahkan semangat untuk menembus pasar ekspor,” ujarnya dalam keterangannya yang diterima JawaPos.com, Kamis (30/9)

Jerry memaparkan, kreativitas menjadi keunggulan anak muda dalam sektor industri berorientasi ekspor. Menurutnya, anak muda sering melihat peluang-peluang baru dan punya pandangan out of the box dalam mengembangkan produk ekspor.

Ia menyebut, bukan hanya sektor-sektor yang mainstream yang dikembangkan seperti kopi atau porang, anak muda juga pintar mengembangkan produk-produk unik. Misalnya ada yang serius garap sabut kelapa, pelepah pisang dan lain-lain.

“Sekilas itu barang-barang yang sederhana atau bahkan sering dianggap sampah, tapi di tangan anak muda yang kreatif semua bisa jadi produk yang sangat bernilai ekonomis,” tuturnya.

Jerry melanjutkan, anak muda juga mulai banyak menggarap sektor-sektor kreatif berbasis teknologi digital seperti aplikasi, game online, simulator hingga film-film animasi. Ia juga menyoroti industri Kripto Indonesia yang dipelopori dan didorong oleh anak-anak muda.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini: