JawaPos Radar

Menteri PPN: Nelayan Kita Menghadapi Dilema

30/08/2018, 17:25 WIB | Editor: Mochamad Nur
Menteri PPN: Nelayan Kita Menghadapi Dilema
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro (Dok.JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan jika nelayan dalam negeri tengah menghadapi dilema saat ini. Menurutnya, mereka dihadapkan pada hal-hal yang tidak sepenuhnya dapat mendukung produktifitasnya.

"Mereka dilindungi dengan banyaknya penertiban kapal-kapal asing yang merugikan, mereka juga di protect dari teknik menangkap ikan yang juga tidak ramah lingkungan," ujarnya di Kantor Kementerian PPN, Jakarta, Kamis (30/8).

Di sisi lain, lanjutnya, perlindungan itu dinilai tidak cukup bagi para nelayan. Bambang menyebut para pejuang laut itu juga perlu meningkatkan pendapatan dari hasil tangkapannya.

Sayangnya, hal itu tidak bisa dilakukan. Sebab, para nelayan dianggap masih terhambat dengan proses penjualan yang tidak tepat guna. Artinya, hasil tangkapan mereka di laut harus di jual kepada para perantara yang menghargai ikan-ikan mereka dengan murah.

Oleh karena itu, perlu upaya lebih serius untuk memecahkan masalah tersebut. Kehadiran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), kata Bambang, seharusnya bisa menjadi solusi jangka pendek yang bisa digunakan.

"Untuk memecahkan masalah ini, kebijakan tetap perlu, tapi itu tidak cukup tanpa bantuan teknologi tepat guna. Bantuan ini tidak harus teknologi yang hanya berkait dengan kegiatan produksi, bisa saja teknologi dalam konteks sekarang dapat membantu petani, nelayan kecil untuk bisa kemudian mereka mendapatkan akses pasar tanpa bergantung atau dikerjai para perantara," tutupnya.


(hap/hana)

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up