JawaPos Radar

Kereta Kesehatan Generasi Terbaru Mampir Ke Stasiun Gundih

30/08/2018, 21:27 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Pemeriksaan Kesehatan
Pelayanan kesehatan Rail Clinic generasi 4 di Stasiun Gundih, Grobogan, Kamis (30/8). (dok. Humas PT KAI Daop IV Semarang)
Share this

JawaPos.com - PT KAI (Persero) meluncurkan versi terbaru kereta kesehatan, yakni Rail Clinic generasi 4. Dilengkapi dengan Rail Library atau perpustakaan dan ruang pertemuan sosialisasi, kereta ini beroperasi secara perdana dengan mengadakan pengobatan gratis di Stasiun Gundih, Grobogan, Kamis (30/8).

Pada kesempatan kali ini, pihak PT KAI Daop IV Semarang menggundang 300 masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan cuma-cuma mulai dimulai sejak Kamis (30/8) pagi. Dalam kegiatan tersebut, masyarakat diberikan pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama meliputi pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, kesehatan ibu dan anak, pemeriksaan kesehatan mata, pemeriksaan laboratorium, penyuluhan kesehatan serta pelayanan kefarmasian.

"Pelayanan kesehatan gratis di Stasiun Gundih dengan Rail Clinic ini, merupakan salah satu program rutin dari PT KAI sebagai salah satu bentuk kepedulian perusahaan transportasi tersebut kepada masyarakat, terutama yang tinggal di sekitar jalur KA dalam bidang fasilitas pelayanan kesehatan dan pendidikan," ujar Manajer Humas PT KAI Daop IV Semarang, Suprapto, Kamis (30/8).

Pelayanan kesehatan pada Rail Clinic ini meliputi pemeriksaan dokter umum, dokter gigi, pemeriksaan optik, laboratorium. Sejumlah tenaga ahli beserta apoteker disiapkan untuk ini.

Rail Clinic sendiri, lanjutnya, pertama kali diluncurkan pada 2015 lalu dan pernah dianugerahi rekor MURI sebagai kereta kesehatan pertama di Indonesia. Program ini, juga menjadi wujud kepedulian sosial sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) KAI di bidang kesehatan.

Di tahun ini pula, KAI turut mengoperasikan Rail Library. Kereta Pustaka ini dirangkaikan dengan Rail Clinic generasi ke-4 yang di dalamnya menyediakan ratusan buku bacaan dan fasilitas e-library. Berupa enam unit monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif, dan lagu anak-anak yang terkoneksi ke jaringan internet. 

Suprapto menambahkan, Rail Clinic tahun ini rencananya akan menyambangi tiga stasiun. Dimana Stasiun Keradenan, Grobogan pada tanggal 28 Agustus 2018 lalu sudah dikunjungi, lalu Stasiun Gundih dan Stasiun Kaliwungu pada tanggal 7 November 2018.

Dimana pada tahun 2016 telah dilaksanakan di Stasiun Weleri dan Stasiun Kedung jati, kemudian di tahun 2017 telah dilaksanakan di Stasiun Mangkang dan Stasiun Randublatung. Untuk tahun 2018 ini, akan dilaksanakan di tiga stasiun, yaitu di Stasiun Keradenan pada tanggal 28 Agustus 2018, Stasiun Gundih pada tanggal 30 Agustus 2018 dan Stasiun Kaliwungu, Kendal, 7 November 2018 besok.

"Semoga dengan adanya layanan Rail Clinic dan dilengkapi Rail Library di Stasiun Gundih ini, dapat membantu meningkatkan kesehatan dan mencerdaskan masyarakat sekitar Stasiun Gundih," imbuh Suprapto.

Selain pengobatan secara cuma-cuma, adapun pembagian kacamata dan bantuan alat-alat olah raga untuk warga Kelurahan Geyer dan SDN 3 Geyer. Harapannya, dengan adanya bakti sosial ini, ke depan mampu terjalin komunikasi yang baik antara pihak PT KAI dengan masyarakat sekitar Stasiun Gundih.

"Sehingga diharapkan melalui komunikasi yang baik ini, bisa terjalin kerja sama yang harmonis antara pihak PT KAI dan masyarakat sekitar Stasiun Gundih di dalam memajukan sektor perekonomian dan mendukung terhadap perkembangan transportasi perkeretaapian di wilayah ini," tandasnya.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up