alexametrics

Teten Masduki: Baru 13 Persen UMKM Terhubung Online Marketplace

30 Juni 2020, 22:00:46 WIB

JawaPos.com – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki mengatakan, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) perlu menggunakan pembayaran digital untuk mempermudah transkasi pada era modern saat ini. Sebab, perilaku masyarakat dalam hal ini konsumen telah bergeser dan banyak yang berbelanja secara online.

“Jadi, sekarang ini kami akan terus mendorong UMKM karena akan ada perubahan perilaku konsumen yang lebih memilih berbelanja secara online,” ujarnya dalam acara diskusi virtual, Selasa (30/6).

Menurutnya, di era digitalisasi saat ini adalah terintegrasinya ekosistem digital yang didukung oleh pembayaran digital. Terlebih, pada masa pandemi Covid-19, masyarakat cenderung memilih untuk belanja online dan melakukan pembayaran secara nontunai.

“Sebagian UMKM yang bisa tumbuh dan bertahan karena telah bertumbuh ke pasar daring atau marketplace online, sehingga telah terhubung ke ekosistem digital,” ucapnya.

Namun kata dia, jumlah UMKM yang terhubung ke marketplace online ini baru 13 persen. Sementara itu, Presiden Joko Widodo meminta pada akhir tahun ini harus ada setidaknya 10 juta UMKM terhubung online marketplace.

Ia menambahkan, terintegrasinya ekosistem digital dan pembayaran digital menjadi kunci UMKM dapat berkembang dan dapat bertahan di tengah gempuran Covid-19 serta perubahan zaman. “Dua hal ini menjadi penting adalah mempercepat modernisasi UMKM, termasuk digitalisasi,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri



Close Ads