alexametrics

Era New Normal, Strategi CSR Bisa jadi Penopang Keberlangsungan Bisnis

30 Juni 2020, 11:30:39 WIB

JawaPos.com – Wabah Covid-19 telah mengubah cara berbisnis perusahaan. Semua pelaku ekonomi harus menyesuaikan diri dengan menetapkan protokol Covid-19 pada masa kenormalan baru sampai vaksin ditemukan.

Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI, Siti Nurbaya Bakar meminta perusahaan membantu masyarakat dan lingkungan melalui program tanggung jawab sosial atau CSR. Hal tersebut dapat mempengaruhi keberlangsungan bisnis suatu perusahaan.

“Kita semua tetap harus bekerja dan berinovasi. Termasuk, tidak goyah dalam mengintensifkan isu penting tentang bumi,” ujarnya dalam acara seminar virtual yang digelar TopBusiness, Senin (29/6).

Pengamat korporasi Mas Achmad Daniri menyebut, beberapa poin penting dalam melaksanakan CSR di saat Covid-19 dapat dimulai dari internal perusahaan yaitu karyawan. “Dalam hal ini, CSR melibatkan karyawan dan konsumen. Manfaat sosial, juga berarti manfaat bagi sebuah perusahaan,” tuturnya.

Konsultan CSR Thendri Supriatno yang menyebut, pada masa new normal, perlu ada penyesuaian inisiatif CSR. Sementara Direktur Utama Geo Dipa Energi (Persero), Riki Ibrahim menjelaskan, kebijakan dan strategi CSR yang terkait dengan bisnis berkelanjutan, sangatlah penting.

“Program community development adalah investasi jangka panjang. Juga, membangun kepercayaan publik dan citra perusahaan pun semakin positif,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri



Close Ads