alexametrics

Masih Ada Proyek Hantu, Bahlil: Bisa Dirasakan Tapi Tak Bisa Dipegang

29 September 2021, 18:14:43 WIB

JawaPos.com – Kementerian Investasi menyebutkan bahwa masih ada investasi mangkrak di Indonesia yang bernilai ratusan triliun. Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyebut, ada sekitar Rp 708 triliun investasi yang mangkrak.

Menurutnya, meskipun saat ini sudah ada Rp 517 triliun investasi yang terealisasi, namun masih ada beberapa hal yang menghambat proyek tersebut. Proyek hantu tersebut, kata Bahlil, tidak dapat dideteksi secara rasional, teoritis, dan ekonomis, namun tetap berlanjut serta tak pernah bisa dibuktikan keberadaannya.

“Dalam bahasa saya ini seperti hantu. Bisa dirasakan, tapi nggak bisa dipegang,” ujarnya dalam acara webinar, Rabu (29/9).

Bahlil menyebut, dalam persoalan seperti ini, orang-orang yang berada di lapangan pun cenderung bersikap tahu sama tahu saja.

“Saya pikir teman-teman perbankan juga rasakan ini. Begitu kita deteksi, gimana caranya tidak ada instrumen atau aturan dan regulasi yang bisa mendeteksi,” tuturnya.

Selain itu, Bahlil melanjutkan, ada 3 hal lagi yang jadi penghambat realisasi investasi.  Pertama, aturan yang tumpang tindih. Kedua, adanya ego sektoral antara kementerian dan lembaga, dan terakhir soal pengadaan tanah mulai dari penetapan harga hingga pengurusannya.

Bedanya, hal itu lebih jelas dan dapat diperbaiki melalui sistem.

“Memang memahami persoalan investasi di Indonesia ini tidak bisa formal dan cara-cara bussines casual. Kita harus menyelami sampai ke dalam,” pungkasnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Romys Binekasri




Close Ads