JawaPos Radar

Harga Minyak Rebound, Naik 12 Persen

29/08/2015, 14:20 WIB | Editor: idham
Harga Minyak Rebound, Naik 12 Persen
Salah satu kilang minyak di Blok Cepu, Jawa Timur (dok.JPNN)
Share this image

JawaPos.com- Setelah tiga bulan terseret, harga minyak mentah dunia dikabarkan mulai menggeliat. Sejak terpukul selama 10 pekan (fase penurunan terpanjang sejak 1986) ada harapan harga "emas hitam" masih akan terus melaju.

Berdasarkan data yang dikutip dari monexnews.com harga tercatat naik hampir 12% sepanjang minggu lalu, yang merupakan persentase kenaikan mingguan terbesar sejak Maret 2009.

Sentimen kenaikan juga disebabkan eskalasi ketegangan di Yaman, yang memperbesar kekhawatiran atas stabilitas di Timur Tengah. Sementara laporan Baker Hughes menunjukkan jumlah rig pengeboran minyak aktif hanya bertambah 1, namun jumlah total rig aktif mengalami penurunan.

Harga minyak mentah dunia tercatat telah merosot sekitar sepertiga sejak Mei lalu dan masih kurang dari setengah nilai mereka pada tahun lalu sebagai dampak dari surplus pasokan yang signifikan dan lemahnya permintaan. Kekhawatiran atas ekonomi China turut memperburuk outlook permintaan minyak dalam beberapa pekan ke depan.(ham/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up