alexametrics

Masyarakat Harus Mulai Terbiasa Belanja dengan Transaksi Nontunai

29 Juli 2019, 16:28:11 WIB

JawaPos.com – Bertransaksi kini sudah jarang menggunakan uang tunai. Masyarakat sudah mulai terbiasa membayar atau membeli dengan sistem digital melalui cashless (nontunai). Hanya lewat gadget, masyarakat sudah mulai bergeser dari pembayaran tunai menuju nontunai termasuk para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Dilansir dari lalam laman Bussiness Wire, Senin (29/7), penelitian tentang Cashless Culture dilakukan pada pandangan lebih dari 1000 pengguna ponsel cerdas yang beragam, memenuhi syarat, berusia 18 tahun ke atas, beragam usia, jenis kelamin, dan lokasi geografis. Studi ini meneliti preferensi saat ini, kebiasaan, dan perilaku konsumen Amerika Serikat tentang transaksi non tunai. Hasilnya tidak mengherankan, konsumen yang lebih muda lebih suka bertransaksi dengan nontunai atau digital (mobile wallet) dan pembayaran berbasis aplikasi.

Perusahaan Hill Holliday juga melakukan studi pada 10 orang dewasa, yang setuju untuk ‘tidak punya uang tunai’ selama seminggu dan mencatat pengalaman mereka. Hasilnya mereka melakukan pembayaran berbasis mobile dan aplikasi. Hasil penelitian lainnya yaitu 76 persen masih membawa uang tunai setiap hari.

Dan 58 persen milenial melakukan pembayaran dari ponsel mereka dalam setahun terakhir. Kemudian ada 45 persen dari mereka yang berusia di atas 40 tahun tidak pernah menggunakan pembayaran seluler. Sementara 22 persen dari mereka yang berusia di bawah 40 menggunakan transaksi non tunai setiap hari.

Di Indonesia, dalam acara Rumah Kreatif BUMN (RKB) BNI Fest yang digelar di Halal Park, dekat Pintu Sebelas Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (28/7), Sekretaris Perusahaan BNI Meiliana mengatakan hadirnya RKB BNI Fest mengajak pengunjung Halal Park untuk melek layanan perbankan. Salah satunya mewajibkan transaksi pada kesempatan ini menggunakan uang elektronik produk BNI, BNI TapCash.

Halal Park merupakan salah satu destinasi wisata halal yang ada di Jakarta. Adapun tempat wisata halal ini telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 16 April 2019 lalu. Meiliana menambahkan hadirnya RKB BNI Fest merupakan bagian dari kampanye gerakan nontunai yang digelorakan pemerintah. Menurutnya transaksi Tapcash di Halal Park ini akan menambah jumlah kartu yang beredar, jumlah transaksi dan nilai transaksi yang menggunakan Tapcash.

Tercatat volume transaksi Kartu BNI Tapcash tumbuh 29,5 persen pada Juni 2019. Kenaikan volume transaksi tersebut ditopang oleh pertumbuhan sebesar 47 persen secara year on year (yoy).

“Jumlah transaksi melalui kartu BNI Tapcash sendiri telah mencapai 29 juta transaksi pada Semester I 2019,” tutupnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads