alexametrics

Sudah Ada E-Filing Sri Mulyani Masih Lapor Manual? Ini Alasannya

29 Maret 2019, 19:53:12 WIB

JawaPos.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sore ini menyambangi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Tebet dan KPP Pratama Setiabudi 4 yang berada di satu lokasi. Tujuannya, mengecek pelaporan surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak penghasilan (PPh) orang pribadi.

Sri Mulyani mengaku, dirinya telah melaporkan SPT, namun dilakukan secara manual walaupun sudah ada layanan online dengan e-filing.

“Karena ada penyesuaian kemarin yang harus dilakukan untuk beberapa hal,” ujarnya Jumat (29/3).

Sudah Ada E-Filing Sri Mulyani Masih Lapor Manual? Ini Alasannya
Ilustrasi wajib pajak tengah melakukan pelaporan SPT di kantor pajak (Dok. JawaPos.com)

Sedikit bercerita, Sri Mulyani mengatakan, saat Ia tinggal di Amerika Serikat (AS) dulu telah melakukan pelaporan SPT melalui layanan e-filing.

“Karena waktu Amerika kan gajinya jelas, terus peraturannya jelas dari sisi kewajiban perpajakan, saya jadi lebih mudah pakai e-filing. Dan lagi nggak mungkin saya pergi ke sini hanya untuk bayar pajak kan,” tuturnya.

Sri Mulyani memaparkan, saat ini porsi wajib pajak yang melapor SPT secara online sudah semakin banyak yaitu sebesar 94 persen. Hal tersebut mencerminkan bahwa infrastruktur tersebut telah efektif dan diterima oleh masyarakat.

“Berarti pertama mereka menganggap itu mudah dan juga dianggap itu dia bisa kerjakan sendiri,” ujarnya.

Meskipun demikian, kata dia masih ada yang melaporkan SPT secara manual lantaran baru melakukannya pertama kali hingga memerlukan bimbingan langung dan merasa perlu berkonsultasi lantaran pendapatan yang tidak tetap.

“Kebanyakan yang mau datang ke sini (kantor pelayanan pajak) langsung karena mereka nggak terlalu yakin,” tandasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Romys Binekasri

Sudah Ada E-Filing Sri Mulyani Masih Lapor Manual? Ini Alasannya