alexametrics

Menteri Basuki Bilang Secara Aturan Sepeda Motor Bisa Masuk Tol

29 Januari 2019, 19:20:46 WIB

JawaPos.com – Ketua DPR Bambang Soesatyo mengusulkan kepada pemerintah supaya kendaraan sepeda motor bisa masuk jalan tol. Namun, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memungkinkan wacana itu. Hanya saja, tidak untuk jarak jauh. 

“Tol memang bisa kalau ada fasilitas itu (motor). Cuma dari perhubungan dan kepolisian, berapa lama. Soalnya motor kan tidak untuk jarak jauh,” kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (29/1).

Sejatinya aturan pemerintah soal pengoperasian sepeda motor di jalan tol sudah ada. Namun harus ada restu Kementerian Perhubungan dan Korlantas. Sebab kedua instansi tersebut paing tahu mengenai aturan berapa panjang jarak yang dapat ditempuh menggunakan sepeda motor.

Mengenai pengaplikasiannya, sebelumnya juga pernah diberlakukan di beberapa ruas jalan tol seperti Suramadu dan Bali Mandara.

“PP (Peraturan Pemerintah) oke. Sudah ada Suramadu ada (juga) Bali Mandara,” terangnya.

Menteri Basuki menambahkan, kalaupun terwujud, harus ada rest area bagi para pengendara motor di jalan tol. “Harus ada rest area kalau memang ada,” jelasnya.

Menurut Basuki, diizinkannya sepeda motor di jalan tol ini bisa memberikan manfaat khususnya bagi para pekerja yang lebih mudah aksesnya jika melewati jalan tol.

“Usulannya dari Cisumdawu misalnya, di Bandung banyak pekerja Kertajati. Kalau mereka dari bandung bisa ke kertajati bisa naik motor kan lebih baik,” ungkapnya.

Adapun aturan yang dimaksud oleh Menteri Basuki adalah Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Wilfridus Zenobius Kolo

Menteri Basuki Bilang Secara Aturan Sepeda Motor Bisa Masuk Tol