alexametrics
Lokal Keren Jatim:

Road to BRILIANPRENEUR 2021 Memberikan Dampak Fantastis untuk UMKM

28 September 2021, 10:30:37 WIB

JawaPos.com – Pemerintah terus mengkampanyekan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang diharapkan dapat mendukung tumbuh-kembang para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Tak berhenti pada ajakan saja, pemerintah juga terus mendukung keberlangsungan usaha UMKM agar bisa terus tumbuh dan berkembang mendukung dan memajukan perekonomian nasional. Harapannya, produk-produk UMKM terus mendapat tempat dan bisa menjadi pilihan masyarakat.

Sejumlah langkah telah dilakukan untuk memajukan UMKM, mulai dari dukungan pinjaman permodalan dengan bunga murah (Kredit Usaha Rakyat), berbagai pelatihan untuk meningkatkan kualitas produk maupun mencoba menghimpun UMKM untuk mencarikan pasar untuk barang yang dihasilkannya. Sejumlah kebijakan tersebut sudah selayaknya didukung karena data Kementerian Koperasi dan UKM mencatat ada 62,9 juta unit UMKM yang menggerakkan perekonomian Indonesia.

Kita harus menyadari bahwa dengan membeli produk UMKM, setidaknya turut menjaga keberlangsungan usaha mereka serta menggerakkan ekonomi masyarakat secara luas. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang menyebabkan seluruh sendi kehidupan terpuruk. Langkah semua pihak mendukung Gernas BBI diharapkan bisa memberikan semangat bagi UMKM untuk terus berinovasi dan menghasilkan produk-produk yang berkualitas.

Guna mendukung sektor UMKM, khususnya di Jawa Timur, pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara(BUMN) menunjuk PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menginisiasi penyelenggaraan Gerakan Nasional BBI bersama dengan Pemprov Jawa Timur.

Untuk lebih memeriahkan acara yang menghimpun para UMKM ini, BRI dan Pemprov Jatim juga mengajak dua top brand -Jayaboard dan Wingsfood- untuk bersama-sama menggelar acara bertajuk Lokal Keren Jatim Road to BRILianpreneur 2021. Acara ini telah digelar pada 1-31 Agustus 2021 dan melibatkan para UMKM di Jawa Timur.

Dikemas secara megah dan apik, perhelatan Lokal Keren Jatim Road to BRILianpreneur 2021 diselenggarakan dengan mengundang sebanyak 251 UMKM terpilih yang mewakili Jawa Timur untuk mempromosikan produk-produk unggulannya ke khalayak luas. Sejumlah produk dari berbagai bidang industri dihadirkan seperti Home Decor & Craft, Accessories & Beauty, Fashion, Food & Beverages.

Ratusan UMKM Jatim terpilih dengan berbagai produk unggulannya dihimpun dalam satu event virtual expo melalui situs lokalkerenjatim.id. Di situs ini, masyarakat luas bisa menemukan produk yang dibuat handmade dari perajin lokal. Bukan itu saja, berbagai kebutuhan penampilan head to toe, dekorasi apik, bahkan kebutuhan untuk meningkatkan selera makan dan menjajal panganan dengan citarasa baru dari industri pangan dalam kemasan bisa diperoleh secara langsung di situs tersebut.

Berbagai rangkaian event yang menghibur dan inspiratif dihadirkan selama sebulan penuh di acara Lokal Keren Jatim Road to BRIlianpreneur 2021. Perhelatan acara dimulai dengan Opening Ceremony virtual yang dihadiri Menteri Koordinator Kemaritiman & Investasi, Luhut B. Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa serta Direktur Utama BRI, Sunarso. Opening ceremony berlangsung makin meriah karena menghadirkan live perform dari Padi Reborn.

Selain perform Padi Reborn dan musisi lainnya yang tampil apik, rangkaian acara ini nggak cuma menghadirkan produk UMKM saja lho! Para pembeli juga bisa melihat langsung pameran 3D virtual showcase di lokalkerenjatim.id.

Selain itu, juga digelar podcast yang menghadirkan berbagai narasumber. Total ada 10 episode podcast ditambah satu episode spesial dari para pelaku UMKM yang sukses menjalankan bisnisnya dan narasumber yang berkompeten dibidangnya, dengan memberikan banyak insight yang bermanfaat untuk kemajuan usaha di kemudian hari.

Pertama ada podcast yang menyajikan tema Berburu Makanan Enak Jawa Timuran yang menghadirkan F&B Practitioner Putri Habibie dan Food Vlogger Farida Nurhan. Kemudian ada inspirasi Cara Cantik dengan Produk Lokal yang menghadirkan obrolan bersama Linda Wan, Founder Heslin Beauty dan Selly Sherwin yang dikenal sebagai beauty influencer. Dilanjut dengan tema Fesyen Lokal Tampil Fenomenal bersama Warisatul Hasanah, Founder Al Warits Batik Aromatherapy bersama Clarissa Ivenna yang populer sebagai content creator dan entrepreneur.

Ilustrasi pelaku UMKM dengan berbagai produk yang dihasilkannya. (Dok.JawaPos.com)

Realisasi Transaksi Lokal Keren Jatim Road to BRIlianpreneur
Sukses sebuah acara pameran tak lepas dari hasil apa yang dicapai dan memberi manfaat bagi peserta pameran, yakni UMKM. Perhelatan virtual expo yang digelar sebulan penuh sepanjang Agustus 2021 mampu mencatatkan nilai transaksi fantastis, yakni mencapai Rp 11,2 miliar, jauh di atas target yang ditetapkan penyelenggara sebesar Rp 10 miliar.

Sementara pelaksanaan pelaksanaan business matching yang dilakukan oleh UMKM mencatatkan total kontrak penjualan sebesar Rp 4,9 miliar dari total target sebesar Rp 2,5 Miliar baik dari buyer lokal maupun buyer luar negeri (ekspor).
Perhelatan Lokal Keren Jatim ini memberi banyak manfaat bagi UMKM, seperti kurasi yang telah dilakukan memastikan kualitas produk UMKM tetap terjaga. Gelaran pelatihan sepanjang pameran juga telah bermanfaat bagi UMKM karena mendapatkan pengetahuan baru terkait pemasaran produk lewat platform online di berbagai marketplace.

UMKM juga diberikan kesempatan seluasnya melakukan business matching sehingga bisa meningkatkan penjualannya di masa pandemi baik di pasar lokal maupun pasar internasional dengan mengekspor barang produksinya ke luar negeri.

Dalam perhelatan ini juga diselenggarakan lelang yang merupakan kolaborasi UMKM dengan desainer ternama. Kegiatan lelang virtual dilakukan sebagai rangkaian kegiatan lokal keren Jatim. Seluruh hasil lelang dari kegiatan ini disumbangkan kepada Dekranasda Jawa Timur untuk memajukan UMKM lokal di Jawa Timur.

Selain memberi dampak positif bagi UMKM, acara Lokal Keren Jatim ini juga memberi banyak keuntungan untuk konsumen saat berbelanja produk para UMKM di acara Lokal Keren Jatim melalui berbagai promo yang disediakan oleh Bank BRI.

Antusias masyarakat terhadap gelaran virtual expo yang dikhususkan untuk pengembangan UMKM di Jawa Timur ini mendapatkan respons yang sangat tinggi. Program-program yang disiarkan secara streaming cukup menarik minat masyarakat untuk mengikutinya. Total pengunjung sepanjang acara berlangsung diikuti oleh 600 ribu viewers.

Capaian dari gelaran yang diselenggaran BRI bersama Pemprov Jatim untuk mendorong berkembangnya UMKM di Jawa Timur terbukti cukup efektif dan menarik minat masyarakat. Ayo terus kita dukung UMKM lokal dengan terus menggelorakan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Mari kita dukung produk UMKM dengan cara membeli produk-produk yang mereka hasilnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking, ARM

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads