JawaPos Radar

Rapat dengan Menkeu, Gerindra Pesimistis Ekonomi RI Tumbuh 5,3 Persen

28/08/2018, 14:01 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Rapat dengan Menkeu, Gerindra Pesimistis Ekonomi RI Tumbuh 5,3 Persen
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla merancang RAPBN 2019 sebesar Rp 2.439,7 triliun. Sejumlah asumsi makro juga telah dipaparkan oleh pemerintah.

Dalam asumsi makro RAPBN 2019, pertumbuhan ekonomi ditargetkan sebesar 5,3 persen. Angka itu sedikit lebih tinggi dibanding tahun ini yang sebesar 5,2 persen.

Anggota DPR Ramson Siagian mengatakan bahwa asumsi tersebut masih dipertanyakan. Dia menyebut fraksi Gerindra masih mempertanyakan target tersebut. Pasalnya, dalam beberapa tahun pemerintahan Jokowi-JK, realisasi pertumbuhan ekonomi tidak pernah lebih dari 5,1 persen.

"Gerindra masih tanda tanya apakah pertumbuhan ekonomi 5,3 persen pada 2019 bisa terealisasi atau tidak," ujarnya dalam Sidang Paripurna di Kompleks DPR, Jakarta, Selasa (28/8).

"Kami mengharapkan bisa 5,3 persen direalisasikan pemerintah atau lebih bahkan bisa lebih tinggi," tambahnya.

Di sisi lain, Ramson juga menyinggung sejumlah kebijakan pemerintah yang dinilai belum menciptakan situasi yang kondusif untuk sektor usaha maupun sistem perpajakan.

"Pemerintah sangat ambisius, sementara kebijakan pemerintah belum bisa menciptakan situasi yang kondusif dari sektor usaha serta kompleksitas dari sistem perpajakan negara," tutupnya.

(ce1/hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up