alexametrics

Genjot Pelaporan SPT, DJP Jateng Buka Pojok Pajak di 4 Mal

28 Maret 2019, 18:48:10 WIB

JawaPos.com – Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II membuka pojok pajak di 4 mal di Solo. Diantaranya di Solo Square, Solo Paragon, Solo Grand Mal dan The Park Mal Solo Baru. Pembukaan pojok pajak ini ditujukan untuk mendorong wajib pajak (WP) agar menyampaikan laporan Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan. 

“Ini untuk mengurangi antrean para WP yang ingin menyampaikan laporan SPTnya. Di samping itu, juga untuk mempermudah para WP dalam menyampaikan laporan,” terang Kepala Kanwil DJP Jateng II Rida Handanu kepada JawaPos.com, Kamis (28/3).

Pojok pajak di mal, Rida melanjutkan, sudah mulai dibuka sejak tanggal 25 Maret yang lalu. Pojok pajak ini akan dibuka sampai tanggal 29 Maret atau besok. Operasional pojok pajak ini mulai pukul 10.00-16.00 WIB. “Untuk layanan yang ada di Pojok Pajak diantaranya aktifasi EFIN, cetak ulang EFIN, konsultasi perpajakan, serta asistensi pelaporan online melalui e-filling,” urainya.

Rida berharap, dengan keberadaan pojok pajak mampu meningkatkan jumlah WP yang menyampaikan laporan SPT tahunannya. 

Sebagaimana data yang ada, sampai tanggal 27 Maret 2018 SPT tahunan yang sudah masuk sebanyak 532.189 SPT. Dengan rincian, 515.091 SPT Tahunan Orang Pribadi dan sisanya 17.098 SPT Tahunan Badan. Sementara, jumlah wajib pajak berdasarkan data tahun 2018 sebanyak 923.642 WP.

Salah serang warga, Aris Widiastuti, 30, mengatakan, keberadaan Pojok Pajak ini cukup bermanfaat. Karena penyampaian laporan SPT tidak harus datang ke kantor pajak, tetapi bisa dilakukan di pusat perbelanjaan atau mal seperti ini. “Jadi sembari refreshing, kita bisa menyampaikan laporan SPT tahunan. Semakin mudah dan tidak ribet,” ucapnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ari Purnomo


Close Ads
Genjot Pelaporan SPT, DJP Jateng Buka Pojok Pajak di 4 Mal