alexametrics

Kelola Reimbursement Dinas Luar Kota dengan Software HRIS

28 Februari 2020, 16:14:54 WIB

JawaPos.com – Seringkali perusahaan mengutus karyawannya untuk melakukan tugas ke luar kota atau biasa disebut dinas luar kota. Pekerjaan dinas luar kota salah satunya adalah bertemu klien, memiliki pekerjaan atau proyek di luar kota, atau melakukan kunjungan pada kantor cabang.

Dalam dinas luar kota, perusahaan biasanya membekali karyawannya dengan sejumlah uang, namun tidak jarang juga karyawan menggunakan uang pribadi untuk biaya operasional dinas dan perusahaan akan mengganti dengan sejumlah uang yang telah dikeluarkan. Penggantian uang pribadi oleh perusahaan dalam kegiatan operasional disebut dengan reimbursement.

Banyak ragam biaya yang biasanya menggunakan uang pribadi saat dinas luar kota seperti, biaya akomodasi, makan, parkir, atau pembayaran yang berkaitan dengan transaksi usaha atau operasional lainnya seperti membayar uang sewa kendaraan atau venue.

Namun dalam proses reimbursement baik karyawan maupun perusahaan sering mengalami kesulitan, seperti tercecernya invoice atau kwitansi. Bahkan beberapa kasus baik karyawan maupun perusahaan sering menghilangkan bukti kwitansi.

Untuk menghindari repotnya kelola reimbursement atau pengembalian uang, Perusahaan dapat menggunakan software Human Resource Information System (HRIS). Selain untuk mengatur data karyawan, software HRIS biasanya dilengkapi dengan sistem tata kelola absensi dan juga sistem payroll.

Namun, Salah satu software HRIS yang memiliki fitur reimbursement adalah Talenta. Software yang dikembangkan oleh PT Mid Solusi Nusantara (Mekari) ini dapat melakukan permintaan reimbursement dengan mudah.

Karyawan dinas luar kota dapat menagih reimbursement hanya melalui smartphone-nya. Karyawan hanya perlu mengunduh file berupa foto atau dokumen ke aplikasi Talenta. Karyawan juga dapat memilih jenis-jenis reimbursement.

Ada berbagai jenis reimbursement yang dapat diakomodasi oleh Talenta seperti, transportasi, persediaan kantor, cash advance, pulsa, event, kurir, insentif, dan juga tentu biaya yang dikeluarkan saat perjalanan dinas.

Dengan mengelola reimbursement, perusahaan dapat menghindari penyalahgunaan uang yang dilakukan oleh manajemen atau karyawan, kwitansi sebagai bukti reimbursement pun dapat disimpan tanpa harus tercecer.

CEO Mekari, Suwandi Soh juga menjelaskan bahwa Talenta dibuat bukan hanya untuk mengatur karyawan saja, namun perusahaan harus bisa memperhatikan elemen-elemen kecil yang dibutuhkan karyawan salah satunya adalah kemudahan dalam penagihan reimbursement.

Untuk menghindari repotnya pengelolaan reimbursement atau pengembalian uang, Perusahaan dapat menggunakan software Human Resource Information System (HRIS).

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM



Close Ads