alexametrics

Kasus Soechi Lines Dapat Berdampak Buruk kepada Industri Perkapalan

27 November 2018, 19:23:05 WIB

JawaPos.com – Anak usaha PT Soechi Lines Tbk (SOCI), yaitu PT Multi Ocean Shipyard (MOS) saat ini sedang terganjal kasus pemenuhan pesanan terutama dari PT Pertamina (Persero). Hal ini dikhawatirkan akan berdampak negatif kepada industri perkapalan Indonesia. Sebab sampai saat ini belum ada penjelasan dan tindakan konkret tentang kegagalan perusahaan itu.

Ketua Indonesian Governance Professionals Association Hendy Fakhrudin mengungkapkan, banyak contoh kasus bisnis perusahaan termasuk emiten bermasalah diawali praktik yang tidak transparan dan tidak memenuhi prinsip akuntabilitas.

Dalam kasus SOCI, Hendy menyarankan manajemennya perlu memberikan penjelasan secara rinci kepada publik. Langkah antisipasi dari potensi terjadi fraud, gratifikasi, dan sebagainya.

“Bayangkan, kontrak tanggal 7 Juni 2013 dengan masa pengerjaan 2 tahun, mestinya diserahkan 7 Juni 2015. Belum selesai, tapi perpanjangan kontrak baru terjadi 5 Oktober 2016,” ujarnya saat ditemui di Seribu Rasa Jakarta, Selasa (27/11).

Menuritnya, hal tersebut berarti perpanjangan kontrak terjadi setelah wanprestasi. “Belum lagi 1 sudah kelihatan bakal terlambat, tapi masih ditambah 2 kontrak lagi di Mei 2014, harus di cek apakah ada permainan didalam,” imbuhnya.

Seperti yang sudah diketahui, Pertamina memesan tiga unit kapal tanker minyak olahan 17.500 LTDW. Seharusnya sudah selesai pada pertengahan 2015. Sudah tiga tahun terjadi keterlambatan.

Selain dari Pertamina, MOS juga menerima pesanan dari Dirjen Perhubungan Laut (Dithubla) Kementerian Perhubungan. Sebanyak tiga unit kapal perintis tipe 750 DWT dan kapal kenavigasian dipesan.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : (mys/JPC)



Close Ads
Kasus Soechi Lines Dapat Berdampak Buruk kepada Industri Perkapalan