alexametrics

Sri Mulyani Klaim Sistem Keuangan Indonesia Kuartal III Masih Terjaga

27 Oktober 2020, 23:20:58 WIB

JawaPos.com – Pasar keuangan mengalami ketidakpastian akibat Covid-19. Meski demikian, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengklaim kondisi stabilitas sistem keuangan Indonesia pada kuartal-III 2020 masih terjaga. Pasalnya, indikator stabilitas sistem keuangan masih berada dalam kondisi normal.

Dengan kondisi tersebut, kata Sri Mulyani, pemerintah optimistis mampu menopang proses pemulihan ekonomi yang berangsur membaik. Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) yang terdiri atas Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) akan terus memperkuat sinerginya di dalam mempercepat pemulihan ekonomi dan sekaligus menjaga stabilitas sistem keuangan.

“Triwulan kedua kondisi ekonomi di Indonesia sama dengan banyak negara di dunia yang mengalami tekanan berat. Kita lihat untuk triwulan ketiga sudah menunjukkan pemulihan se,cara berangsur,” ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (27/10).

Eks Direkatur Pelaksana Bank Dunia itu memaparkan, jika dilihat dari aktivitas perekonomian pada triwulan ketiga 2020, menunjukkan adanya pemulihan. Sebelumnya mengalami tekanan yang sangat berat pada triwulan II akibat penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Perkembangan positif perekonomian dunia yang telah direvisi menjadi lebih baik. International monetary fund (IMF) meramalkan pertumbuhan ekonomi global tahun ini direvisi yang tadinya terkontraksi hingga 5,2 persen pada Juni 2020, kini menjadi minus 4,4 persen.

Perbaikan tersebut ditopang aktivitas ekonomi di negara-negara maju, termasuk negara sumber wabah Covid-19 Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Baca juga:

“Ada sedikit lebih baik dibandingkan proyeksi bulan Juni. Revisi tersebut terutama ditopang pemulihan aktivitas ekonomi di triwulan ketiga tahun 2020 di negara-negara maju dan juga di RRT yang lebih baik dari perkiraan IMF semula,” tutupnya.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Romys Binekasri



Close Ads