alexametrics

Core Indonesia Apresiasi Langkah Pemerintah Borong Laptop Dalam Negeri

27 Juli 2021, 18:44:20 WIB

JawaPos.com – Pandemi Covid-19 ternyata membawa dampak positif bagi industri manufaktur nasional. Hal itu terlihat dari Purchasing Managers Index (PMI) Manufaktur Indonesia yang tercatat terus meningkat pada beberapa bulan terakhir yang Juni 2021 berada di level 53,5.

Ekonom Core Indonesia Ina Primiana mengatakan, industri manufaktur menunjukkan geliat yang ekspansif dari sisi perdagangan ekspor dan menuju mandiri karena banyak dipenuhi dari dalam negeri. “PMI sedang berada dalam tren positif dalam beberapa bulan terakhir. Bila dilihat pergerakan ekspor secara tahunan terus terjadi kenaikan dari Januari hingga Juni 2021 ini,” ujarnya dalam acara diskusi secara virtual, Selasa (27/7).

Adalun nilai ekspor Indonesia semester pertama 2021 mencapai USD 102,87 miliar atau naik 34,78 persen dibanding periode yang sama tahun 2020, begitu juga ekspor nonmigas mencapai USD 97,06 miliar atau naik 34,06 persen. Selain itu, investasi juga meningkat pada industri prioritas.

“Jadi kita perlu menjaga momentum ini karena tidak mudah,” imbuhnya.

Ina menjelaskan, pihaknya merekomendasikan sejumlah kebijakan agar industri manufaktur tetap tumbuh optimal di tengah kondisi pandemi Covid-19. Pertama, pemerintah harus berpihak pada industri dalam negeri, khususnya dalam menangkap peluang di tengah pandemi.

Misalnya, pada masa pandemi seluruh kegiatan termasuk pendidikan dijalankan secara online. Hal ini akan berdampak pada tingkat permintaan komputer, laptop, atau tablet.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads