alexametrics

Cuaca Buruk, Harga Ikan Laut di Malang Melambung

27 Juli 2018, 15:45:52 WIB

JawaPos.com – Dampak cuaca buruk dan gelombang tinggi di wilayah Pantai Selatan cukup dirasakan oleh para pedagang ikan di Pasar Besar Kota Malang. Karena stok ikan berkurang, harganya pun melambung. Bahkan kenaikannya mencapai Rp 10 ribu per kilogramnya.

Salah satu pedagang ikan laut di Pasar Besar Kota Malang, Maria Ulfa mengatakan, stok ikan laut berkurang hingga 50 persen selama sepekan belakangan. Dia pun terpaksa menaikkan harga jual ikan laut tersebut. 

“Saat ini harga ikan laut mengalami kenaikan mulai Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu per kilogramnya,” ujarnya, Jumat (27/7). Dia mencontohkan, ikan kembung yang semula Rp 35 ribu naik menjadi Rp 40 ribu per kilogramnya. Sedangkan untuk ikan tengiri, yang semula Rp 65 ribu naik menjadi Rp 75 ribu per kilogramnya. 

Selain mahal, lanjut Maria, stok ikan yang didapat juga mengalami penurunan. “Berkurang hingga 50 persen. Kami juga tidak bisa mematok semua jenis ikan laut,” terangnya. 

Dia menjelaskan, biasanya, pedagang bisa memasok hingga 10 kilogram ikan laut. Namun, karena cuaca buruk, pedagang hanya mendapatkan 5 kilogram ikan laut per jenisya. Menurutnya, hal itu dikarenakan pasokan dari nelayan di Pantai Selatan juga berkurang. “Nelayan tidak berani melaut,” kata dia.

Sementara itu, salah satu nelayan di Pantai Balekambang, Kabupaten Malang, Bashori, 45, mengatakan, hasil tangkapan ikan memang menurun drastis akibat cuaca buruk. “Sebelumnya dapat 2 ton ikan per hari, sekarang turun menjadi hanya 1 ton per hari,” keluhnya. Dia mengatakan, rata-rata nelayan saat ini tidak berani untuk melaut karena cuaca buruk.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (fis/JPC)



Close Ads
Cuaca Buruk, Harga Ikan Laut di Malang Melambung