JawaPos Radar

Ingin Kinerja Transparan, SKK Migas Terapkan Sistem Manajemen Antisuap

27/03/2018, 14:33 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Ingin Kinerja Transparan, SKK Migas Terapkan Sistem Manajemen Antisuap
Ilustrasi SKK Migas (Dok. JawaPos.Com)
Share this image

JawaPos.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mulai mengimplementasikan SNI ISO 37001:2016. Tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) pengawasan dan pengendalian industri hulu migas. Diharapkan, langkah ini menciptakan kondisi transparan dan efisien industri hulu migas.

Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi telah melakukan beberapa langkah. Salah satunya yaitu menerbitkan aturan tegas yang melarang penerimaan dan pemberian suap. Aturan tersebut diberlakukan bagi manajemen, pegawai, dan tenaga alih daya di SKK Migas.

“Ke depan, para penyedia barang dan jasa di lingkungan SKK Migas. Langkah ini akan ditindaklanjuti dengan adanya verifikasi dan uji kelayakan terhadap seluruh sumber daya manusia di SKK Migas,” jelas Amien di Hotel Aryaduta, Jakarta, Selasa (27/3).

Langkah lain yang telah dilakukan yaitu sosialisasi SMAP kepada Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) sebagai operator wilayah kerja migas. Industri hulu migas memiliki rantai bisnis panjang dan melibatkan banyak pihak. Sehingga rentan terhadap kemungkinan terjadinya penyuapan. “Kondisi ini memunculkan peluang terjadinya tindak penyuapan. Kehadiran SNI ISO 37001:2016 membantu meminimalisasi risiko tersebut,” tuturnya.

Langkah tersebut akan terus disempurnakan. Amien mengatakan, pertengahan tahun ini, penerapan SNI ISO 37001:2016 di SKK Migas sudah diakreditasi oleh Lembaga Sertifikasi Manajemen Anti Penyuapan (LSMAP). Akreditasi itu menjadi standar internasional untuk sistem manajemen anti-penyuapan.

(uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up