alexametrics

Bantah Punya Lahan HGU, Luhut: Saya Punyanya Tambang 6.000 Hektare

27 Februari 2019, 07:55:22 WIB

JawaPos.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan membantah jika lahan miliknya berstatus Hak Guna Usaha (HGU). Hal ini menyusul dengan adanya tantangan dari kubu Capres 02 Prabowo Subianto soal pengembalian lahan.

“Saya nggak punya (lahan) HGU. Saya punya ya tambang batu bara, berjalan, berproduksi. (Luasnya) 6.000 hektare,” kata Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (27/2).

Dikatakan Luhut lahan tambangnya itu adalah milik pemerintah. Dia menilai sepanjang lahan itu produktif dan menjalankan kewajiban dengan benar tidak ada masalah.

Bantah Punya Lahan HGU, Luhut: Saya Punyanya Tambang 6.000 Hektare
Menko Kemaritiman Lihut B Panjaitan (DOK.JAWAPOS.COM)

Sebelumnya, ia juga buka-bukaan soal kepemilikan lahan tambang. Dia mengakui kalau lahan itu ia dapatkan sebelum menjadi menteri. Sebelumnya, Luhut menggeluti usaha bidang pertambangan dan perkebunan melalui grup usaha PT Toba Sejahtera.

Korporasi tersebut menaungi sejumlah anak usaha yang bergerak di bidang energi, kelistrikan pertambangan, properti, industri, minyak dan gas, serta perkebunan dan hutan tanaman industri.

Luhut memiliki kepemilikan saham mencapai 99,9 persen di perusahaan yang terbentuk pada 2004. Namun, Luhut melepas 90 persen kepemilikan sahamnya pada Oktober 2017, hingga akhirnya hanya tersisa 9,9 persen.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Uji Sukma Medianti



Close Ads
Bantah Punya Lahan HGU, Luhut: Saya Punyanya Tambang 6.000 Hektare