alexametrics

Kata Bos IMF, Dunia Harus Mencontoh Ekonomi Gotong Royong Indonesia

27 Februari 2018, 12:26:36 WIB

JawaPos.com – Kemampuan Indonesia menjaga stabilitas perekonomian mendapat pujian Managing Director International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde. Menurutnya, hal itu berdampak pada perekonomian global secara positif.

Atas capaian tersebut, Lagarde menilai dunia harus bisa mencontoh Indonesia beserta negara ASEAN lainnya. Dalam bahasa Indonesia, Lagarde menyebutnya sebagai “gotong royong”.  “Dunia bisa belajar banyak dari kawasan ini-termasuk apa yang disebut ‘Jalan ASEAN’ untuk mencapai lintas batas. Dalam pandangan saya, hal itu tercermin dengan indah dalam  sebuah ungkapan bahasa Indonesia, “gotong royong,”. Bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama,” ujarnya dalam High Level Internasional Conference di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (27/2).

Dia juga mengungkapkan, semangat itu juga saat ini ada di jantung seluruh anggota IMF. Itu artinya, bekerja sama membangun perekonomian global yang baik secara bersama-sama adalah keharusan. “Semangat itu juga terletak di jantung IMF. Di wilayah ini dan di seluruh dunia, IMF bekerja dalam kemitraan dengan negara-negara anggota kita untuk mencapai ekonomi pembangunan tujuan bersama yang sesuai untuk masa depan,” tegasnya.

Dalam acara tersebut, Lagarde berharap pihaknya bersama Indonesia dan sejumlah bank sentral di ASEAN dapat fokus dalam menyampaikan ide-ide untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif.  “Saat ini diskusi kami akan berfokus pada bagaimana kita dapat menciptakan model pertumbuhan baru yang berkelanjutan dan inklusif. Itu adalah tanggung jawab bersama kita,” pungkasnya. 

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : (hap/JPC)


Close Ads
Kata Bos IMF, Dunia Harus Mencontoh Ekonomi Gotong Royong Indonesia