alexametrics

Geopolitik Memanas, Sri Mulyani Beberkan Dampaknya ke Ekonomi RI

27 Januari 2022, 16:07:33 WIB

JawaPos.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus memantau perkembangan perekonomian dunia, serta kondisi geopolitik antara Rusia dan Ukraina yang memanas belakangan ini. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, geopolitik global yang tidak stabil memicu perang dunia ketiga karena menyeret Amerika Serikat (AS) dan Eropa.

“Kita harus mewaspadai yang baru ini geopolitik yang terjadi seperti Rusia dengan Eropa NATO dan Amerika Serikat (AS) di Ukraina,” kata Sri Mulyani dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Kamis (27/1).

Menurutnya, ketegangan antarnegara tersebut dapat menimbulkan ketidakstabilan di pasar global. Hal itu tecermin dari indeks saham utama Rusia yang anjlok serta bank sentralnya menghentikan pembelian mata uang asing setelah Rubel merosot.

Sri Mulyani mengungkapkan, jika kondisi tersebut berlangsung secara terus-menerus, maka berpotensi memengaruhi harga komoditas khususnya energi. Indonesia sendiri sebagai negara dengan impor bahan bakar minyak (BBM) yang besar akan terkena imbas cukup berat dari sisi APBN.

“Dampaknya langsung ke komoditas energi, gas maupun minyak,” ucapnya.

Sri Mulyani menambahkan, selain Rusia dan Ukraina, geopolitik lain yang menjadi sorotan pemerintah adalah antara masih memanasnya hubungan antara Tiongkok dan AS. Negara Paman Sam tersebut baru saja berencana untuk mengizinkan diplomatnya yang berada di Tiongkok untuk meninggalkan negara itu.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads