alexametrics

Perkuat Ekonomi Digital, BI Akan Luncurkan Kebijakan BI-Fast Payment

26 November 2021, 15:40:15 WIB

JawaPos.com – Bank Indonesia (BI) meluncurkan bauran kebijakan, salah satunya yakni BI-Fast Payment. Hal itu dilakukan dalam rangka mengimplementasikan Blue Print Sistem Pembayaran Indonesia 2025 mendatang.

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendrata mengatakan, BI Fast sendiri merupakan sistem penyelesaian transaksi yang beroperasi secara realtime, selama 24 jam dengan penyelesaian transaksi yang lebih cepat.

“BI Fast ini menyediakan layanan yang realtime, seamless, tersedia 24 jam dengan tingkat keamanan dan efisiensi yang tinggi dalam mendukung pengembangan ekonomi keuangan digital dan wujud blue print sistem pembayaran Indonesia 2025,” kata Filianingsih dalam keterangan tertulis, Jumat (25/11).

Fili menyebut, dengan menyediakan sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman dan handal merupakan salah satu kelebihan sistem BI Fast dibanding pendahulunya, Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), kecepatan penyelesaian atau settlement transaksi. BI mengklaim, proses settlement melalui BI Fast hanya membutuhkan waktu 25 detik.

Ia berharap, dengan adanya BI Fast tersebut, akan mendorong konsolidasi industri dan integrase ekonomi ekonomi keuangan digital secara end to end.

“Persiapan arah kebijakan bank Indonesia kedepan, bifast menjadi salah satu syarat seperti cross border payment, berbagai kebijakan di sektor moneter, makro prudensial dan sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah dan mendukung terciptanya ekosistam digital. Untuk memperkuat digitalisasi sistem pembayaran dan mendukung pemulihan ekonomi nasional,” jelasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads