alexametrics

Rizal Ramli: Saya Percaya Pak Jokowi Jujur dan Tak Neko-Neko

26 September 2018, 17:34:23 WIB

JawaPos.com – Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli percaya Presiden Joko Widodo adalah sosok jujur dan tidak neko-neko. Sayangnya, keberpihakan Jokowi terhadap rakyat masih perlu diuji. Hal ini dapat dilihat dari kebijakan terhadap petani.

“Pak Jokowi saya percaya dia jujur dan nggak neko-neko tapi keberpihakan perlu diuji. Beras sekarang lebih 1 juta ton, bawang juga. Kenapa beras harus impor hingga dua juta ton?” kata Rizal Ramli dalam acara Kongkow Bisnis Pas FM, di Jakarta, Rabu (26/9).

Menurutnya, importasi bahan pangan merupakan komoditas yang paling rentan diselewengkan. Hal itu tentu merugikan para petani dan petambak. Dia mengatakan saat berkunjung ke petambak garam di Surabaya banyak petambak yang mengeluhkan kebijakan impor pemerintah.

“Mereka bilang impor kenapa ditambahin kalau kami panen garamnya jadi air,” kata dia.

Begitupun dengan petani tebu Jawa Timur, lanjut Rizal, hari ini impornya berlebihan 2 juta ton. Mereka tidak mempermasalahkan jika garam yang diimpor adalah garam industri akan tetapi mereka khawatir apabila datang waktu panen 16 bulan ke depan maka garam mereka tidak laku. 

“Kalau pemerintah tak bisa meningkatkan kesejahteraan kami, mereka bilang jangan bikin kami tambah susah lah,” pungkasnya.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ce1/uji/JPC)


Close Ads
Rizal Ramli: Saya Percaya Pak Jokowi Jujur dan Tak Neko-Neko