JawaPos Radar

Jokowi: Kepala Daerah Jangan Duduk Manis di Kantor

Rakyat Ingin Harga Pangan Terkendali

26/07/2018, 14:08 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Jokowi: Kepala Daerah Jangan Duduk Manis di Kantor
Presiden Joko Widodo (Dok. JawaPos.Com)
Share this

JawaPos.com - Salah satu faktor terkendalinya angka inflasi adalah dengan terjaganya harga pangan di pasaran. Ketika harga melonjak, umumnya angka inflasi juga ikut meningkat.

Tahun ini, pemerintah menargetkan angka inflasi sebesar 3,5 plus minus 1 persen. Pada Juni 2018, angka inflasi tercatat sebesar 0,59 persen. Secara tahun kalender, inflasi berada di angka 1,90 persen dan secara tahun ke tahun sebesar 3,12 persen.

Presiden Joko Widodo meminta capaian inflasi tersebut bisa terus dijaga sampai akhir tahun. Untuk itu, dirinya mengimbau kepada seluruh kepala daerah agar bisa menjaga kestabilan harga pangan di wilayahnya masing-masing.

"Berkaitan inflasi, saya melihat hasil ini sudah baik. Tapi kita ingin semakin tahun semakin rendah. Tolong betul-betul kepala daerah, gubernur, wali kota, tolong berkaitan dengan pangan, pasokan, kita ini terlalu ribet di aktifitas tapi di lapangan tidak terpantau," ujarnya dalam Rakornas TPID di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis (26/7).

Salah satu upaya dalam menjaga stabilitas harga pangan, lanjut Jokowi, adalah dengan memastikan pasokannya terjaga. Mantan Wali Kota Solo itu bahkan menyarankan agar para pemimpin daerah mau melakukan pemantauan terhadap ketersediaan pangan yang memiliki pasokan berlebih.

Menurut dia, dengan melakukan koordinasi terhadap daerah yang surplus, pasokan pangan yang kurang bisa dipenuhi. Dirinya bahkan menyidir para kepala daerah agar tidak berdiam diri di kantor tanpa memastikan kondisi di lapangan secara langsung.

"Pasokan kalau kurang misalnya beras, tau kurang cek provinsi mana yang surplus, misalnya Jawa Timur, gubernur Jatim pakde Karwo telpon minta kirim. Sulawesi Selatan seumpama butuh, kalau kurang mantep datengin paling cuman 1-1,5 jam kesana. Rakyat ingin harga terkendali. Jangan (cuman) duduk manis di kantor," tandasnya. 

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up