JawaPos Radar

Jokowi Ingin Target Inflasi Indonesia Seperti di Negara Maju

26/07/2018, 18:03 WIB | Editor: Mochamad Nur
Jokowi Ingin Target Inflasi Indonesia Seperti di Negara Maju
Presiden Joko Widodo didampingi Menko Perekonomian Darmin Nasution (kanan) menyapa kepala daerah yang hadir dalam Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2018 di Jakarta, Kamis (26/7). (FEDRIK FERNANDO TARIGAN/JAWA POS)
Share this image

JawaPos.com - Senyum tipisnya teriring bersama ucapan terima kasih Presiden Joko Widodo kepada kepala daerah yang hadir dalam Rakornas Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Menurutnya, peran mereka mampu membuat inflasi dalam tiga tahun terakhir tepat sasaran.

Memang apresiasi yang diberikan oleh mantan Wali Kota Solo itu tidak sembarangan. Sebab, data menunjukkan angka inflasi dalam tiga musim terakhir mampu terjaga sesuai sasaran.

Pada 2015, angka inflasi berada di posisi 3,35 persen secara tahun ke tahun (yoy), kemudian pada 2016 sebesar 3,02 persen (yoy), 2017 sebesar 3,61 persen (yoy) dan pada 2018 hingga bulan Juni tercatat sebesar 3,12 persen.

"Pertama-tama saya ingin ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas capaian inflasi. Selama empat tahun ini kita betul-betul bisa menekan inflasi pada angka di bawah empar persen," ujarnya dalam Rakornas TPID di Hotel Sahid, Jakarta, Kamis (26/7).

Menurut dia, terjaganya inflasi sesuai sasaran tidak terlepas dari penguatan koordinasi antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Hal itu pun mendorong penguatan terhadap sejumlah sektor yang berkontribusi besar terhadap angka inflasi.

"Penguatan ini (perlu) terus dilanjutkan karena koordinasi pusat dan daerah semakin baik. Ada satgas pangan dan juga ada di pusat dan daerah yang juga bekerja dengan baik," tuturnya.

Oleh karena itu, pria asal Solo itu berharap tren positif tersebut bisa terus terjaga. Sebab, bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun ke depan angka target inflasi Indonesia bisa lebih rendah layaknya negara-negara maju.

"Penguatan ini harus terus berlanjut karena koordinasi pusat daerah semakin baik, ada satgas pangan dan pusat daerah juga bekerja dengan baik. Saya kira kalau ini kita teruskan kita bisa mencatat inflasi yang stabil. Kita berharap semakin tahun semakin turun, seperti negara-negara maju (dimana) stabilitas harga betul-betul bisa dicapai," pungkasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up