JawaPos Radar

Pemerintah Pastikan Persiapan Mudik Lebaran Sudah 90 Persen

26/05/2018, 12:38 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Pemerintah Pastikan Persiapan Mudik Lebaran Sudah 90 Persen
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sidak di Jalan Tol Cikampek. (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kementerian Perhubungan menyebut persiapan mudik lebaran telah mencapai 90 persen. Mereka juga telah melakukan penelitian ke masyarakat untuk mendalami apa-apa saja yang perlu diperhatikan.

"Untuk kesiapan mudik, kita sudah mencapai 90 persen karena kita sudah mulai sejak Januari. Kita juga sudah membuat penelitian mengenai preferensi masyarakat yang akan mudik," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/5).

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II ini juga meminta peran kepada semua pihak dalam mensosialisasikan mudik tanpa menggunakan sepeda motor.

"Mari kita bersama memberi informasi kepada masyarakat. Inilah peran media sangat penting sekali, seperti menginformasikan kepada masyarakat untuk mudik tidak menggunakan sepeda motor. Itu adalah suatu anjuran agar tidak terjadi kecelakaan yang masif," imbuhnya.

Lebih lanjut, Budi Karya juga memberi saran kepada masyarakat yang ingin mudik agar memilih bus berstiker. Itu artinya, transportasi tersebut telah dinyatakan laik jalan.

"Kalau nanti ingin mudik menggunakan bus, calon penumpang dapat memastikan terdapat stiker yang menandakan bahwa bus tersebut telah lulus pemeriksaan teknis dan dinyatakan laik jalan. Dan bagi para pemudik yang akan lewati jalur darat, mari kita juga gunakan jalan nasional non-tol agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di jalan tol," jelasnya.

Dia menambahkan, Kemenhub telah melakukan pemetaan terhadap sejumlah ruas yang berpotensi mengalami kepadatan. Untuk itu, dia mengimbau agar masyarakat yang ingin mudik mencari alternatif lain atau berangkat lebih awal.

"Kita sudah memetakan kembali dan sepertinya sama seperti tahun lalu, yang paling krusial itu di Tol Cipali. Setelah itu baru Pelabuhan Merak, oleh karena itu kita buat suatu pemetaan preferensi masyarakat. Kita berikan edukasi kepada masyarakat untuk mudik tidak di H-2 dan H-3 tapi H-5 dan H-6," tuturnya.

Menhub Budi berpesan kepada para pemudik untuk melakukan persiapan yang baik dan memilih moda transportasi yang sesuai dengan jarak tempuh tujuan.

"Kita harapkan masyarakat memiliki persiapan yang baik secara fisik dan kendaraan yang digunakan. Mari menggunakan moda transportasi yang telah dianjurkan oleh pemerintah. Kita harus mewujudkan mudik yang aman dan selamat bagi semua," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up