alexametrics

Driver Ojol dan Pekerja Harian Mal Bakal Dapat BLT dari Pemerintah

26 Maret 2020, 12:50:42 WIB

JawaPos.com – Dalam mengantisipasi penurunan daya beli masyarakat imbas dari wabah virus Korona, pemerintah akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Salah satunya untuk kelompok-kelompok yang terdampak.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono mengatakan kelompok tersebut adalah para pekerja harian yang mendapatkan gaji ketika bekerja, seperti para driver ojek online. “Para pelaku usaha transportasi online, kita sudah minta data dari Gojek dan Grab. Mereka kan dapat uang kalau lagi ada penumpang, mereka salah satu yang terdampak,” jelas Susiwijono dalam telekonferensi pers, Kamis (26/3).

Kemudian, para pekerja harian yang berada di mal, seperti SPG (sales promotion girl) juga layak mendapatkan bantuan langsung tunai tersebut. Mengingat sebagian besar operasional mall mengurangi jam operasional, bahkan menghentikan aktivitasnya.

“Para pekerja harian di mal juga, kita telah bekerja sama dengan asosiasi, kita akan data pekerja informal harian untuk memberikan BLT dalam rangka meningkatkan daya beli. Itu stimulus baru,” ucap dia.

Selain itu, ada sekitar 40 persen rumah tangga miskin yang nantinya juga akan menerima bantuan tunai. Jumlahnya sekitar 29,3 juta orang. “Dari 29,3 juta atau 40 persen rumah tangga termiskin, yang sudah datanya valid adalah penerima BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) . Itu ada 15,2 juta, nah 14,1 juta kita sedang hitung kembali, kita kompilasi data itu,” tutup Susiwijono.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Saifan Zaking



Close Ads