alexametrics

Pembangunan Tol Cisumdawu Dibantu Perusahaan Tiongkok

25 November 2017, 23:01:42 WIB

JawaPos.com – Pembangunan seksi 1 Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) akan dimulai pada awal tahun depan. Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi Moerwanto mengungkapkan, PT Adhi Karya (Persero) dan perusahaan asal Tiongkok, China Road and Bridge Corporation bekerja sama dalam pengerjaan seksi ini.

Arie menambahkan, fase pinjaman pertama dan kedua adalah untuk mengerjakan seksi 2. Sementara fase pinjaman ketiga untuk seksi 1. Perusahaan dari Tiongkok memberikan pinjaman fase 3 senilai Rp 2,2 triliun serta turut menjadi kontraktor pembangunan ruas tol tersebut.

“Kita berharap konstruksi bisa dimulai awal tahun depan setelah penetapan lokasi dari ditandatangani oleh Gubernur Jawa Barat tanggal 6 Desember,” ungkap Arie, di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Jumat (24/11).

Namun menurut Arie, masih dilakukan pembebasan lahan untuk menyelesaikan pembangunan jalan tol Cisumdawu ini.

Lamanya pembebasan lahan dikarenakan tanah yang ada masuk ke dalam wilayah perkotaan, sehingga harus dibebaskan dengan dana yang sangat besar.

Selain itu, ada beberapa kesulitan lain yang membuat seksi satu dijalankan belakangan. Karena menurutnya, medan yang sangat sulit, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengerjakannya.

“Dari pekerjaan ini, yang kritikal menentukan waktu pengerjaan secara keseluruhan adalah pengerjaan interchange di Cileunyi karena desainnya cukup complicated dan cara pekerjaannya juga. Tapi kami yakin ini bisa dikerjakan karena kami sudah sukses dengan pembangunan Simpang Susun Semanggi yang bisa diselesaikan dalam waktu pendek,” jelasnya.

Diketahui, panjang tol Cisumdawu sepanjang 61,6 kilometer (km). Keenam seksi itu yakni Seksi I Cileunyi-Rancakalong sepanjang 12,05 km dan Seksi II Rancakalong-Sumedang 17,05 km.

Kemudian Seksi III Sumedang-Cimalaka 3,75 km, Seksi IV Cimalangka-Legok 8,2 km, Seksi V Legok-Ujung Jaya 16,42 km dan Seksi VI Ujung Jaya-Dawuan 4,23 km.

Editor : admin

Reporter : (sab/JPC)


Close Ads
Pembangunan Tol Cisumdawu Dibantu Perusahaan Tiongkok