alexametrics

Jokowi Minta Seluruh Pimpinan K/L Tindak Lanjuti Rekomendasi BPK

25 Juni 2021, 12:48:49 WIB

JawaPos.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta pimpinan kementerian dan lembaga dan kepala daerah agar segera menindaklanjuti semua rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Ia memberikan apresiasi dan penghargaan kepada BPK karena ditengah berbagai keterbatasan, aktivitas dan mobilitas akibat pandemi telah melaksanakan pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dengan tepat waktu.

“Dan Alhamdulillah opininya adalah wajar tanpa pengecualian (WTP). Di tengah situasi yang belum sepenuhnya pulih, pemerintah tetap berkomitmen untuk mempertahankan dan mengingkatkan kualitas LKPP kita,” ujarnya secara virtual, Jumat (25/6).

Menurutnya, status WTP merupakan pencapaian yang baik di tengah tahun yang berat. Meskipun begitu dia memastikan WTP bukanlah tujuan akhir karena pemerintah harus mempergunakan uang rakyat dengan sebaik-baiknya.

Uang rakyat haruslah dikelola dengan trasnparan dan akuntabel. Penyelenggara negara wajib memastikan setiap Rupiah yang dibelanjakan betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Karena itu pemerintah akan sangat memperhatikan rekomendasi-rekomendasi BPK dalam mengelola pembiayaan APBN,” ucapnya.

Jokowi menambahkan, pemerintah melakukan refocusing dan realokasi anggaran di seluruh jenjang pemerintahan dan memberi ruang relaksasi APBN. Defisit diperbolehkan di atas tiga persen terhadap PDB selama tiga tahun. “Pelebaran defisit harus kita lakukan mengingat kebutuhan belanja negara makin meningkat untuk penanganan kesehatan dan perekonomian pada saat pendapatan negara mengalami penurunan,” ungkapnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads