alexametrics

Kemenhub Beberkan Alasan Penentuan Biaya Jasa Ojol

25 Maret 2019, 16:28:59 WIB

JawaPos.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membeberkan alasan kelahiran aturan ojek online dalam PM 12 Tahun 2019. Ada beberapa pertimbangan matang dari regulator.

Pertama, pemerintah mempertimbangkan kepentingan pengemudi. Sesuai arahan presiden, bisnis ojek online dinilai perlu diperhatikan lantaran menyerap banyak angkatan kerja.

“Ini jelas bahwa pak presiden menyampaikan bahwa profesi ojol ini merupakan pekerjaan yang mulia. Karena banyak masyarakat yang mendedikasikan pekerjaaanya sebagai ojol,” kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setyadi di Kementerian Perhubungan, Senin (25/3).

Pertimbangan kedua, lanjut Budi, adalah aspirasi dari pengemudi dari keinginan biaya jasa ojek online. Terakhir, pengaturan tarif ini diharapkan dapat melindungi konsumen.

Pasalnya, konsumen kerap mengeluhkan biaya jasa yang diberikan aplikator terlalu mahal. Padahal, konsumen seharusnya diberikan biaya jasa yang sesuai.

“Ini kepentingan masyarakat, bisa mendapat pelayanan yang baik. Menyangkut masalah keamanan, kenyamanan dan keselamatan,” tuturnya.

Di sisi lain, melalui pengaturan tarif, pemerintah tidak ingin bisnis ojol membuat dua aplikator menjadi gulung tikar. Sebab, hal itu juga bakal memberi efek domino signifikan.

“Pemerintah perlu dua aplikator ini supaya tidak mati salah satunya. kaalu tinggal satu nanti mungkin bisa ada monopoli,” tandasnya.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Hana Adi

Kemenhub Beberkan Alasan Penentuan Biaya Jasa Ojol