alexametrics

Janji Sandiaga Buyback Indosat Bisa Untung Buat Jangka Panjang, Tapi..

25 Maret 2019, 09:53:25 WIB

JawaPos.com – Cawapres 02, Sandiaga Uno mengumbar janji bakal membeli kembali (buyback) saham Indosat jika terpilih. Sandi menilai, saham Indosat yang dijual kepada Temasek di era Presiden Megawati Soekarnoputri itu dinilai penting untuk mendorong penyempurnaan Single Identity Number (SIN).

Tentunya rencana Sandiaga menuai pro kontra. Banyak kalangan menilai kalau buyback saham berkode emiten ISAT yang kini dimiliki Qatar Telecom melalui Ooredoo Asia Pte.Ltd tak menguntungkan. Sebab, kinerja keuangan Indosat yang merugi Rp 2,4 triliun pada 2018.

Namun, buyback saham Indosat bisa saja menguntungkan jika dilihat dalam jangka panjang. Analis Profindo Sekuritas Dimas Wahyu mengatakan buyback ISAT bukan hanya dapat menguntungkan dari sisi telekomunikasi saja. Tetapi pemanfaatan big data klien. Big data klien itu dapat digunakan sebagai digitalisasi pendukung sinergi antar BUMN.

Janji Sandiaga Buyback Indosat Bisa Untung Buat Jangka Panjang, Tapi..
Calon Wakil Presiden No.02 Sandiaga S Uno (DOK.JAWAPOS.COM)

“Jika ditotal Telkomsel dan Indosat jumlah penggunanya mencapai 215 juta pelanggan. Telkomsel sudah punya LinkAja, kalau Indosat kembali ke pemerintah ada tambahan potensial pelanggan sampai 215 juta,” kata Dimas saat dihubungi JawaPos.com, Senin (25/3).

Dimas menyebut, jumlah pengguna Telkomsel dan Indosat kalau digabung lebih besar dari jumlah nasabah bank di Indonesia yang mencapai 60 juta nasabah. Tentunya hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk pengembangan lain, mulai dari digibank, sistem transaksi pembayaran, micro lending dan lain-lain.

“Untuk jangka panjang harusnya menguntungkan,” jelasnya.

Akan tetapi, proses buyback pasti tidak mudah. Sebab, Ooredoo tak akan melepas saham ISAT dengan harga murah. Selain karena kondisi keuangan yang masih rugi, bisnis Ooredoo di Indonesia juga besar. Hal itu tercermin dari kontribusi ISAT yang menyumbang 40 persen pendapatan grup dari 11 negara.

“Dalam kasus Indosat ini tentunya Ooredoo tidak akan melepas murah Indosat,” terangnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Uji Sukma Medianti

Janji Sandiaga Buyback Indosat Bisa Untung Buat Jangka Panjang, Tapi..