alexametrics

Peringati Hari Air Dunia, PUPR Bersama Masyarakat Bersih-Bersih Danau

25 Maret 2018, 12:34:10 WIB

JawaPos.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengajak masyarakat melestarikan alam dengan melakukan kampanye hari air sedunia.

Kementerian PUPR menggelar acara sepeda santai. Diawali dari lingkungan Kementerian PUPR di Jalan Patimura Jakarta Selatan. Berakhir di Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat. Acara yang bertepatan dengan car free day (CFD) ini  menjadi salah satu bentu peringatan Hari Air Dunia ke XXVI.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR Imam Santoso mengatakan, pihaknya melibatkan berbagai komunitas lingkungan serta akademisi perguruan tinggi. “Kami libatkan komunitas sungai, penggiat alam, kemudian pemerintah, universitas, masyarakat setempat untuk bersama melestarikan alam untuk air ini,” ujarnya di Jalan Imam Bonjol Jakarta, Minggu (25/3).

Imam juga mengatakan, Kementerian PUPR sebelumnya pernah menggelar beberapa acara di beberapa titik. Salah satunya yaitu acara yang diselenggarakan pada tanggal, 22 Maret lalu. Pihaknya mencanangkan Hari Air Dunia di Danau Sentani Papua. Dalam acara tersebut Kementerian PUPR bersama dengan masyarakat setempat melakukan pembersihan Danau Sentani. “Acara yang digelar pekan ini salah satunya terkait peragaan pemanfaatan biopori,” imbuhnya.

Menurutnya, puncak acara akan digelar di Danau Rawa Pening Jawa Tengah. Di  lokasi tersebut,  komunitas pecinta lingkungan akan berkumpul dan melakukan pembersihan di danau.  “Tanggal 6-7 April kami puncaknya di Danau Rawa Pening meminta komunitas lingkungan sungai, pemerhati alam, berkumpul di Rawa Pening melestarikan danau tersebut,” tandasnya.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : (mys/JPC)



Close Ads
Peringati Hari Air Dunia, PUPR Bersama Masyarakat Bersih-Bersih Danau