JawaPos Radar

Transaksi Pasar Saham Pekan Ini Naik 36,22 Persen

25/02/2018, 15:26 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Transaksi Pasar Saham Pekan Ini Naik 36,22 Persen
Ilustrasi (Dok.JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com- Pasar saham Indonesia mengalami kenaikan transaksi harian sebesar 36,22 persen pada pekan kemarin. Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI) rata-rata transaksi harian sepekan kemarin mencapai Rp 8,61 triliun dari periode sebelumnya yang sebesar Rp 6,32 triliun. 

Sementara rata-rata volume transaksi BEI mengalami kenaikan signifikan sebesar 51,06 persen menjadi 15,68 miliar unit saham dari 10,38 miliar unit saham pada penutupan pekan lalu. Sedangkan rata-rata frekuensi transaksi Bursa Efek Indonesia (BEI) juga menanjak 39,09 persen menjadi 419,11 ribu kali transaksi dari 301,34 ribu kali transaksi.

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan nilai kapitalisasi pasar pada penutupan pekan lalu kembali melanjutkan kenaikan yang ditutup naik 0,43 persen menuju level 6.619,80poin dari 6.591,58 poin. Sejalan dengan kenaikan IHSG, nilai kapitalisasi pasar juga menunjukkan tren positif dengan kenaikan sebesar 0,43 persen menjadi Rp 7.363,93 triliun dari Rp 7.332,42 triliun.

Dalam mendorong peningkatan transaksi investor saham tanah air, sepekan BEI kembali melakukan serangkaian kegiatan memperkenalkan dan memberikan edukasi Pasar Modal. Pada Senin (19/2) terdapat dua kegiatan Sekolah Pasar Modal, pertama BEI Kantor Perwakilan Ambon bersama PT Phintraco Sekuritas Indonesia melakukan kegiatan Sekolah Pasar Modal di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate. Kedua, kantor Perwakilan Riau mengadakan Kegiatan Sekolah Pasar Modal Universitas Riau Level I dan Level II.

Menurut rencan, pada Hari Selasa (20/2), BEI Kantor Perwakilan Ambon bersama PT Phintraco Sekuritas Indonesia melakukan kegiatan Sekolah Pasar Modal kepada dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU), Kota Ternate. Dan pada Rabu (21/2), bertempat di Kantor Perwakilan BEI di Denpasar melakukan Sekolah Pasar Modal Non Reguler Kepada Karyawan BRI Kantor Wilayah Bali.

Sebagai upaya dalam memasyarakatkan investasi saham dan mengembangkan Pasar Modal, pada Rabu (20/2) di Kota Bengkulu, BEI melalui KP Bengkulu yang bekerjasama dengan IndoPremier Sekuritas mengedukasi pengurus dan anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bengkulu dengan materi yang disampaikan adalah Upaya Mendorong Perusahaan di Provinsi Bengkulu untuk melakukan “Go Public”.

Di pekan ini BEI meresmikan beberapa Galeri Investasi. Pertama, di Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak, dan Galeri Investasi diluar perguruan tinggi pertama di Kalimantan Barat yaitu Galeri Investasi di Gardenia Hotel dan Resort Kabupaten Kubu Raya, pada Rabu (21/2).

Selanjutnya pada Kamis (22/2) BEI meresmikan dua Galeri Investasi , yakni Galeri Investasi Syariah BEI di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate bermitra dengan PT Phintraco Sekuritas dan merupakan Galeri Investasi BEI Ke-11 (sebelas) yang diresmikan di tahun 2018 dan Galeri Investasi Syariah BEI ke-46 (empat puluh enam) yang diresmikan di Indonesia dan Galeri Investasi Universitas Kristen Indonesia bermitra Kresna Sekuritas dan merupakan Galeri Investasi BEI Ke-13 (tiga belas) yang diresmikan di tahun 2018 sekaligus Galeri Investasi BEI ke-335 yang diresmikan di Indonesia.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up