JawaPos Radar

Pertamina Bantah Naikkan Harga Pertamax Series Diam-Diam

25/02/2018, 11:36 WIB | Editor: Dhimas Ginanjar
pertamina, bbm pertamina, daftar harga bbm pertamina, harga pertamax hari ini, harga bbm hari ini
Petugas SPBU di Jakarta hendak mengoperasikan dispenser pertamax. Harga pertamax series naik sampai Rp 300 per liter sejak Sabtu (23/2). (DOK. JAWAPOS.COM)
Share this image

JawaPos.com – PT Pertamina (Persero) menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pertamax series pada Sabtu (24/2). Namun, keputusan itu dianggap merugikan karena dilakukan tanpa sosialisasi. Suara sumbang bermunculan di media sosial, tetapi Pertamina memastikan kalau sosialisasi sudah dilakukan,

 

Pantauan JawaPos.com di media sosial Twitter, protes keras banyak dilontarkan. Mereka mengkritik cara Pertamina yang dianggap kurang sosialisasi. Salah satunya, Tengku Zulkarnain melalui akun @ustadtengkuzul yang menilai Pertamina tidak memberikan informasi.

pertamina, bbm pertamina, daftar harga bbm pertamina, harga pertamax hari ini, harga bbm hari ini
Nozzle pertamax series di salah satu SPBU Jakarta. Harga pertamax series naik sampai Rp 300 per liter sejak Sabtu (23/2) (DERY RIDWANSAH/JAWA POS)

 

"Tadi malam saya isi bahan bakar mobil Pertamax naik lagi dari Rp 8400-Rp 8600 Menjadi Rp 8900. Bagi Saya Itu tidak terlalu memberatkan, tapi caranya diam-diam itu yg tidak fair. Dulu Mereka Ribut Sampai ke Langit Tiap Ada kenaikan BBM walau harga dunia USD 130 yang sekarang cuma setengahnya #fair," kata dia.

 

Menanggapi kritikan tersebut, External Communication Manager Pertamina Arya Dwi Paramita menolak disebut diam-diam. Sebab, pihaknya telah memberikan pengumuman melalui SPBU dan juga website resmi milik Pertamina.

 

"Harga BBM kami publish di SPBU dan website. Bisa dilihat semua orang. Jadi enggak diam-diam juga," ujarnya kepada JawaPos.com, Minggu (25/2).

 

Senada, VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan jika pihaknya telah memberikan pengumuman melalui website yang dimiliki perseroan. Menurutnya, hal itu dilakukan sudah sejak 2014 silam. Jika dicek di website Pertamina, pengumuman kenaikan harga sudah dilakukan pada Jumat (23/2).

 

Pertamina juga menyebut perubahan harga BBM, naik atau turun dilakukan sesuai aturan. ’’Pertama kembali ke aturan, Perpres 191/2014. Sering juga (harga BBM) turun kok. Pengumuman kami bikin juga sejak 2014 lazim," terangnya. 

 

Berbeda dengan BBM seperti premium maupun solar, untuk pertamax series Pertamina memiliki wewenang penuh menentukan harga. Hal yang sama terjadi pada badan usaha lainnya yang menjual BBM seperti Vivo, Total, maupun Shell. Keduanya diketahui tidak melakukan pengumuman apapun ketika harga jual minyak mereka naik kecuali di website maupun SPBU.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up