JawaPos Radar

Warga Papua Curiga Freeport Rampok Mineral Selain Emas dan Tembaga, Alasannya...

25/02/2017, 14:45 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Warga Papua Curiga Freeport Rampok Mineral Selain Emas dan Tembaga, Alasannya...
Ilustrasi (Dok JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Ketua Gerakan Papua Optimis, Jemmy Demianus Ijie mencurigai adanya mineral jenis lain yang digasak PT Freeport tanpa sepengetahuan pemerintah Indonesia. Hal itu diutarakannya lantaran fasilitas smelter atau pemurnian logam tak kunjung dibangun perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu di dalam negeri.

"Selama ini tidak pernah dilaporkan kepada kita apakah yang diambil itu hanya emas dan tembaga ataukah ada mineral lain yang tidak pernah dilaporkan kepada kita," kata Jemmy dalam sebuah diskusi bertema Republik Freeport di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (25/2).

Dia khawatir, PT Freeport menghindar dari tidak membangun smelter karena takut jika ketahuan ada mineral-mineral lain yang diambil di luar perjanjian. "Dan itu akan mengurangi pendapatan kita (Indonesia)," imbuhnya.

Soal ancaman menempuh jalur arbitrase yang dikumandangkan Chief Executive Officer Freeport-McMoran Richard Adkerson, menurutnya, pemerintah tidak boleh takut. "Mau arbitrase silahkan arbitrase. Kita tidak boleh takut dan tidak boleh digertak. Sudah cukup, sudah sampai 50 tahun (Freeport menambang). Orang di sekitar Freeport saja kehidupannya masih tetap seperti itu," jelasnya. (uya/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up