Wika dan KSO Laksanakan Breakthrough Tunnel I Sodetan Ciliwung

25 Januari 2023, 10:20:45 WIB

JawaPos.com – PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (Wika) dan Jaya Konstruksi KSO sebagai kontraktor pelaksana proyek Pembangunan Sodetan Ciliwung ke Kanal Banjir Timur berhasil menorehkan Breakthrough Line 1. Mereka menyelesaikan pembangunan tunnel 2 jalur yang menghubungkan antara Inlet hingga ke Outlet.

Breakthrough ini disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Pj.Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Direktur Utama Wika, Agung Budi Waskito menyampaikan breakthrough ini merupakan milestone bagi pembangunan proyek Sodetan Ciliwung. Adapun pengerjaannya menggunakan metode kerja yang cukup kompleks dipadukan dengan kemampuan untuk mengoperasikan teknologi konstruksi yang baik.

“Metode Pipe Jacking pada proyek Sodetan ini menggunakan mesin Tunnel Boring Machine (TBM) tipe Earth Pressure Balance (EPB). Mesin EPB tersebut terhubung dengan pipa beton berdiameter luar 4,05 meter yang didorong (jacking) sepanjang 590 meter,” kata Agung kepada wartawan, Selasa (24/1) kemarin.

Ia menjelaskan, berkat proyek Sodetan Ciliwung ini Wika – Jakon KSO berhasil meraih rekor MURI dengan kategori Proyek Pipe Jacking dengan Diameter Pipa Terbesar dan kategori Jarak antar Shaft Terpanjang di Indonesia.

“Torehan ini juga membuktikan kapasitas Wika dalam menjawab tantangan yang ada di proyek pembangunan Sodetan Ciliwung ke Kanal Banjir Timur,” jelas Agung.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi hasil kerja Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono atas progres yang signifikan soal kelanjutan proyek pembangunan Sodetan Kali Ciliwung di Kanal Banjir Timur (KBT), Jakarta Timur.

“Pembebasan. Tadi saya sampaikan. Dikerjakan oleh Pak Gubernur Heru saya gak tau pendekatannya apa tapi selesai. makanya saya ke sini tadi karena udah selesai,” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, proyek tersebut diprediksi akan rampung bulan April mendatang. Padahal, proyek tersebut tak sempat tersentuh sejak enam tahun lalu. “Sebentar lagi akan selesai mungkin April insya Allah sudah selesai Sodetan Ciliwung yang sudah berhenti enam tahun,” ungkapnya.

Di era kepemimpinan Anies Baswedan, proyek ini sempat terkendala karena ada masalah pembebasan lahan. Namun, Jokowi tidak menyangka bahwa persoalan tersebut bisa diatasi dengan mudah oleh Heru Budi.

Editor : Banu Adikara

Reporter : R. Nurul Fitriana Putri

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads