alexametrics

Ada Jalan Tol, Penginapan Melati di Tawangmangu Sepi

24 Desember 2018, 19:04:12 WIB

JawaPos.com – Keberadaan jalan tol tidak selamanya membawa dampak positif. Kondisi ini seperti terlihat pada okupansi penginapan kelas melati di kawasan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng). Semenjak dibukanya jalan tol, tingkat okupansi di puncak justru mengalami penurunan hingga 20 persen. 

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Titis Sri Jawoto mengungkapkan, sebelum ada jalan tol banyak pengunjung dari luar kota Solo yang menginap di penginapan kelas melati di kawasan Tawangmangu, Karanganyar. Mereka menginap untuk sekadar beristirahat setelah menempuh perjalanan cukup jauh.

“Tetapi sejak beroperasinya jalan tol, justru memerikan dampak negatifnya juga. Karena penginapan di penginapan kelas melati justru berkurang,” ungkapnya kepada JawaPos.com, Senin (24/12). 

Titis menambahkan, dengan waktu tempuh yang sudah berkurang, para wisatawan dari luar kota Solo sudah tidak perlu lagi tempat istirahat. Sehingga, setelah mereka berkunjung ke Tawangmangu, bisa langsung kembali ke rumah mereka.

“Dengan jarak tempuh yang lebih pendek dan waktu tempuh yang sebentar, mereka tidak capai, dan tidak butuh istirahat. Ini dampak lain keberadaan jalan tol yang tidak bagus,” imbuh Titis. 

Kondisi ini, lanjut Titis, seperti yang pernah terjadi saat Lebaran dulu. Sebelum dioperasionalkan jalan tol, setiap Lebaran atau musim liburan penginapan kelas melati di Tawangmangu selalu penuh dengan pengunjung. Tetapi, Lebaran tahun ini sudah tidak seperti itu.

“Hotel kelas melati sudah tidak penuh lagi. Terjadi penurunan sekitar 20 persen,” tandasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)


Close Ads
Ada Jalan Tol, Penginapan Melati di Tawangmangu Sepi