alexametrics

Yakin Akhir Tahun Capai 5 Persen, Sri Mulyani Ungkap Tanda-tandanya

24 November 2021, 10:31:17 WIB

JawaPos.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) optimistis perekonomian nasional makin membaik pada kuartal IV atau akhir tahun ini seiring dengan rendahnya kasus penularan Covid-19 di Indonesia. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebut, kuartal terakhir tahun ini merupakan momentum pemulihan ekonomi setelah mendapat hantaman keras pandemi.

“Kuartal IV pemulihan mulai terjadi akselerasi kembali seiring dengan kasus Covid-19 yang bisa dikendalikan,” kata Sri Mulyani secara virtual, Selasa (23/11).

Sri Mulyani berharap, dengan pemulihan yang terus berjalan maka target ekonomi di atas level 5 persen dapat terwujud. Sehingga pemerintah juga dapat melanjutkan program-program pembangunan yang selama ini tertunda karena badai pandemi.

“Kita berharap pemulihan ekonomi dalam jangka menengah akan terus berjalan, mencapai kepada level 5 persen bahkan di atas 6 persen,” ungkapnya.

Sri Mulyani merincikan tanda-tanda ekonomi RI sudah mulai sembuh. Diantaranya, kenaikan penerimaan pajak yang saat ini sudah naik sebesar 15,3 persen menjadi Rp953,6 triliun, dibandingkan pada Oktober tahun lalu yang sebesar Rp826,9 triliun.

Hal serupa juga terlihat dari penerimaan bea dan cukai. Meskipun mengalami kontraksi, namun penerimaan bea dan cukup tumbuh 25,5 persen menjadi Rp205,8 triliun, dibandingkan akhir Oktober lalu yang sebesar Rp 164 triliun.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads