alexametrics
Tak Persoalkan Gugatan Uni Eropa

Jokowi: Kalau Mau Nikel Bawa Pabrik dan Teknologi Ke Indonesia

24 November 2021, 14:31:04 WIB

JawaPos.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan akan tetap menghentikan kegiatan ekspor nikel meskipun digugat oleh negara Uni Eropa ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) akibat kebijakan pembatasan ekspor nikel.

Bahkan, Jokowi juga akan menghentikan ekspor komoditas lainnya dalam bentuk bahan mentah. Dirinya ingin raw material dapat diolah di dalam negeri sendirti minimal setengah jadi atau barang jadi, kemudian baru dapat di ekspor ke luar negeri

“Kita mau ada nilai tambah atau added value,” kata Presiden RI Joko Widodo dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2021, Kamis (24/11).

Menurutnya, dengan nilai tambah yang tinggi maka akan meningkatkan harga jual suatu produk. Sehingga dapat memperbaiki neraca perdagangan, neraca pembayaran dan neraca transaksi berjalan.

“Bayangkan kalau dihilirisasikan di negara kita. Meskipun memang kita digugat di WTO, kita nggak masalah,” ungkapnya.

Jokowi menyampaikan, dirinya sudah menyampaikan hal tersebut dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 dengan Uni Eropa atau negara lainnya. Ia menegaskan, Indonesia menerapkan kebijakan penghentian ekspor nikel bukannya untuk mengganggu kegiatan produksi mereka.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Romys Binekasri




Close Ads