JawaPos Radar

Selama 4 Tahun, Dana Rp 180 T Kurangi 1,2 Juta Orang Miskin di Desa

24/10/2018, 11:56 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Selama 4 Tahun, Dana Rp 180 T Kurangi 1,2 Juta Orang Miskin di Desa
Ilustrasi kemiskinan (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengklaim, telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp 180 triliun selama pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) - Jusuf Kalla (JK).

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro mengatakan, dana tersebut digunakan untuk pembangunan infrastruktur desa guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat pedesaan.

“Dana desa Rp 180 triliun. Keberanian politik luar biasa karena pada itu desa nggak ada perangkat untuk mengelola anggaran dari pusat,” ujarnya di gedung Kementerian Sekretariat Negara Jakarta, Rabu (24/10).

Menurutnya, dampak dari pembangunan infrastruktur tersebut berimbas pada penurunan angka kemiskinan di pedesaan hingga sebesar 1,2 juta orang.

“Kemiskinan turun siginifikan 1,2 juta orang lebih, 2 kali lipat daripada di kota 580 ribu jiwa. Memang angka kemiskinan di desa masih banyak. Tapi 70 tahun ke depan jumlah orang miskin di desa akan lebih rendah dari kota,” tuturnya.

Pihaknya optimistis jika upaya pembangunan infrastruktur terus dilakukan secara konsisten, maka jumlah masyarakat miskin di pedesaan akan lebih kecil dibandingkan masyarakat miskin di perkotaan

"Kalau terus kita pertahankan, dalam 7 tahun ke depan jumlah orang miskin di desa lebih kecil dari di kota," tandasnya.

(ce1/mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up