JawaPos Radar | Iklan Jitu

Sri Mulyani Kagum Kecintaan Mahatma Gandhi Dengan Produk Dalam Negeri

24 September 2018, 15:37:02 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Sri Mulyani Kagum Kecintaan Mahatma Gandhi Dengan Produk Dalam Negeri
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di rapat banggar DPR RI (Hendra Eka/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan kekagumannya kepada sosok Bapak Kemerdekaan India, Mahatma Gandhi. Menurutnya, Gandhi mampu memberi sebuah pelajaran ke seluruh bangsa agar lebih mencintai produk dalam negeri.

Di saat masa penjajahan Inggris, katanya, semangat Mahatma untuk memboikot produk-produk Inggris. Hal itu dilakukan sebagai bentuk perlawanan kepada Negeri Ratu Elizabeth itu.

"Mahatma Gandhi itu menikah umur 13 tahun, dia bisa menginspired ratusan juta (rakyat) India untuk melawan penjajahan Inggris," ujarnya di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (24/9).

"Dia memboikot tiga hal yaitu garam yang dulu diproduksi penjajah Inggris, gula dan baju. Makanya, kalau lihat film Mahatma Gandhi, dia pakai baju slewer-slewer," tambahnya.

Bahkan, lanjut Sri Mulyani, Mahatma menunjukkan semangatnya untuk memerdekakan bangsanya dari penjajahan. Dirinya menilai yang dilakukan oleh Mahatma tulus demi sebuah indepedensi.

"Dia mengatakan saya mending pakai baju dari tangan-tangan orang India menunjukkan indepedensinya dan menunjukkan semangat untuk merdeka," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up